Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Pemahaman Tentang Informasi Pendidikan Terhadap Keputusan dalam Mengambil Jurusan (Studi pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri Di Kabupaten Tulungagung)

Bayu Cahyoadi


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v1i1.30

Abstract


ABSTRAK.Berkembangnya opini publik yang negatif mengenai jurusan IPS relatif berkembang di masyarakat sebagai jurusan yang kurang difavoritkan di sekolah. Opini tersebut dapat sedikit ditepis jika orang tua dan pihak sekolah mampu memberikan informasi yang lengkap dan senantiasa perhatian penuh terhadap kemampuan dan keinginan siswa dalam mengambil jurusan. Dengan penelitian ini akan teruji secara empiris faktor perhatian dan pemahaman informasi tersebut terhadap keputusan siswa dalam mengambil jurusan.

Rumusan masalah yang dapat diambil adalah adakah pengaruh dari perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan terhadap keputusan siswa dalam mengambil jurusan IPS baik secara parsial maupun secara simultan, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan terhadap keputusan siswa dalam mengambil jurusan IPS baik secara parsial maupun secara simultan. Hipotesis penelitian yaitu diduga terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan terhadap keputusan siswa dalam mengambil jurusan IPS baik secara parsial maupun secara simultan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan angket tanggapan siswa untuk mendapatkan data dari masing-masing indikator variabel yang meliputi perhatian orang tua (variabel X1), pemahaman tentang informasi pendidikan (variabel X2), dan keputusan  memilih jurusan (variabel Y). Sifat penelitian ini merupakan uji hipotesis yang dibuktikan hasilnya dengan uji linieritas antar variabel, uji signifikasi koefisien regresi, dan uji asumsi regresi. Populasi adalah seluruh siswa jurusan IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung . Sampel diambil secara stratifikasi dari segi wilayah perkotaan, pinggiran dan pedesaan yang kemudian ditentukan jumlah sampel per masing-masing wilayah menggunakan rumus Slovin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan mempengaruhi keputusan siswa dalam mengambil jurusan IPS. Dengan pembuktian bahwa terdapat linearitas (F) yang signifikan sebesar 0,000 < 0,050, uji hipotesis dalam signifikasi 5% dimana nilai t (X1) sebesar 2,926, t (X2) sebesar 2,866. Besar koefisien R Square dalam memberikan sumbangan efektif sebesar 0,213, maka dinyatakan ada pengaruh positif dan signifikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar terhadap prestasi belajar, dimana kenaikan satu poin perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan dengan pengaruh sebesar 21,3% terhadap keputusan siswa dalam mengambil Jurusan IPS.

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Pemahaman Tentang Informasi Pendidikan, Keputusan Siswa.


Article Metrics :

References


Algifari. 2000. Analisis Regresi: Teori, Kasus, dan Solusi. Yogyakarta: BPFE

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Peneli tian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin, H.2007. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bungin, Burhan.2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press

Depdikbud.1999. Layanan Orientasi dan Penempatan/Penyaluran: Bahan Pendidikan dan Pelatihan guru Pembimbing Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartinah, Sitti.2010. Pengembangan Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama.

Ihsan, Fuad H.2008. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ilyas.2004. Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada MTSN Model. (Thesis Tidak Diterbitkan).. Makasar.(online),http://datastudi.files.wordpress.com/2010/09/ilyas.pdf, diakses 04 Mei 2011).

Kartono,L.I., Mar’at, S.2006. Perilaku Manusia. Jakarta: PT Refika Aditama

Komputer, Wahana.2003. 10 Model Penelitian dan Pengolahannya dengan SPSS 10.01. Yogyakarta: Andi.

Kosasi, Raflis dan Soetjipto.2004. Profesi Keguruan. Jakrta: Pusat Perbukuan Depdiknas bekerjasama dengan Rineka Cipta.

Makmun, S Abin. 2009. Psikologi Kependidikan Suatu Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Norris, W., Hatch, R.M., Engelkes, JR.,& Winborn, B.B. 1977. The Career Information Service. Chicago: Rand Mc. Nally College Publishing.

Nugroho, A.2002.Perilaku Konsumen. Jakarta: Studi Press.

Prabowo, S.L. (1998). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta pada Rumpun Jurusan ekonomi dan Teknik di Kota Madya Malang Ditinjau dari Elemen Bauran Pemasaran. Tesis Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP Malang.

Prayitno.2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim.2009. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Riduan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduan, dkk. 2009. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis: Lengkap dengan Aplikasi SPSS 14. Bandung: Alfabeta.

Satiadarma, M.P.2001. Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak. Jakarta: Pustaka Popular Obor.

Slavin, R.F. 2000. Educational Psychology Theory and Practice. Allyn &Bacon.

Sugiarto, dkk. 2001.Teknik Sampling. Jakarta: PT SUN

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, S Nana.2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarto H, Hartono A.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyono W, Ahmadi A. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Hendry.2012. Populasi dan Sampel.

http://teorionline.wordpress.com/2010/01/24/populasi-dan-sampel/. Diakses pada tanggal 20 Juli 2012.