PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ANGKRINGAN SILATURAHMI (DI WILAYAH DS MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG)

Sri Wahyu Ningsig


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v8i1.2264

Abstract


ABSTRAK
Kepuasan konsumen merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran dalam sebuah usaha. Ketika kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen memuasakan maka akan menambah rasa kepuasan konsumen. Begitu juga dengan harga, ketika harga yang diberikan relatif murah maka akan semakin meningkatkan rasa kepuasan konsumen. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasaan Konsumen di Angkringan Silaturahmi (Di Wilayah Ds Mangunsari Kedungwaru Tulungagung). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data diambil menggunakan kuesioner melalui penyebaran angket dengan responden berjumlah 50 orang, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian Uji t terbukti bahwa Kualitas Pelayanan (X1) nilai thitung (1,357) > ttabel (2,011) yang berarti tidak ada pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Harga (X2) nilai thitung (2,171) > ttabel (2,011) yang berarti ada pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Untuk uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung (7,458) > Ftabel (4,04). Hal ini menunjukkan ada pengaruh positif variabel Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Hal tersebut juga ditunjukkan dengan hasil pengujian regresi linier berganda yang menunjukkan bahwa koefisien determinasi (Adjusted R square) sebesar 0,209. Nilai Adjusted R square dikalikan 100% menjadi 20,9%. Sedangkan sisanya sebesar 79,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Harga, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF PDF

Article Metrics :

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, P. D. S. (2014). Prosedur Penelitian.

Fikri Sirhan, Wiyani Wahyu, S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1).

Indra, D. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan, Harga Dan Customer Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Bagi Kaum Millenial. Journal of Accounting & Management Innovation, 3(1), 1435.

Istiatin, E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 13(01), 115736.

Kalangi, J. A. F., & Rogahang, J. J. (2015). Konsumenpada Pt Jumbo Swalayan Manado. Ekonomi Dan Bisnis, 110.

Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 19. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1404

Rufliansah, F. F., Hermani, A., Seno, D., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (2018). TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang ) Pendahuluan, IX(Iv), 389401.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755764.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. (Alfabeta, Ed.) (16th ed.). Bandung.

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN A . Jenis Penelitian B . Metode Pengumpulan Data C . Populasi dan Sampel, 2732.

Sulaiman, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Tambahan Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Kapal Penyebrangan PT. Trisakti Lautan Mas di Bakauheni AB. Jurnal Manajemen, 10(1), 1536.