PENGARUH BRAND IMAGE PRODUK SYARIAH DAN RELIGIUS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAHDI KOTA KEDIRI

Hestin Sri Widiawati


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v5i1.1523

Abstract


Brand imagemerupakan  refleksi  memori konsumen akan asosiasinya pada merek tertentu. Yang dapat dipersepsikan oleh konsumen mengenai sebuah merek. Dimana hal ini menyangkut bagaimana seorang konsumen menggambarkan apa yang mereka rasakan mengenai merek tersebut ketika mereka memikirkannya.Citra merek digunakan untuk membuat kepercayaan mewakili semua esensi penting untuk mengembangkan dunia bisnis yang sukses, tidak hanya dari perspektif bisnis tetapi juga dari pelaku bisnis. Merek bisnis harus dapat mencerminkan keinginan pelaku bisnis khususnya klien/konsumensehingga dapat diharapkan  menjadi loyal.  Biaya untuk menarik klien baru lebih besar dari biaya mempertahankan klien yang ada. Brand Image bank Syariah sudah cukup bagus hanya terasa kurang. Loyalitas Klien memiliki anggapan bahwa loyalitas mewakili komitmen klien untuk penggunaan berulang kali suatu produk atau layanan dalam periode / akan datang dengan merek yang sama. Kurangnya loyalitas nasabah di bank Syariah juga dapat dilihat dari kurang antusiasnya klien terhadap acara yang dilakukan oleh bank.

Penelitian ini dilakukan di Kota Kediri,  populasi penelitian ini  adalah sebagian masyarakat di wilayah Kediri khususnya Kecamatan kota Kediri yang berjumlah + 4 12 0 jiwa. Alasan mengapa populasi yang diambil di wilayah ini karena wilayah Kota Kediri Perekonomiannya sudah menigkat, dan sudah banyak Bank Syariah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image Syariah Terhadap Besarnya Tabungan Syariah pada Bank Syariah di Kota Kediri. Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif dengan program SPSS,sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui, observasi dan kuesioner.Dari hasil analisis data yang meliputi uji validitas, reabilitas, dan regresi linier berganda, citra merek hingga loyalitas klien. Kesimpulan dalam penelitian ini tidak terdapat hubungan yang signifikan antara brand image Syariah terhadap minat menjadi nasabah perbankan Syariah. Dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat religiusitas terhadap minat menjadi nasabah perbankan Syariah.


Keywords


Brand Image; Loyalty; Bank Syariah

Full Text:

PDF

Article Metrics :

Abstract view : 116 times
PDF View : 40 times