PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA

hardini indahing budi
Nanis Hairunisya


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v5i1.1414

Abstract


Kompetensi  keahlian  kewirausahaan  di  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki tujuan  untuk  mendidik siswa yang  siap  kerja. Untuk menarik  minat siswa dalam berwirausaha diantaranya adalah  kompetensi yang dimiliki guru dan self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi profesional guru dan self efficacy, berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Pemasaran di SMKN I Boyolangu Tulungagung sebanyak 72 siswa. Observasi dan angket tertutup digunakan untuk pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif,  uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi siswa kelas XII yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif,  uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh kompetensi profesional guru dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa sebesar 41,1%. %. Secara parsial terdapat (1) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat berwirausaha dengan t hitung 3,399>t tabel 2,000 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05;(2) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat berwirausaha dengan t hitung 4,244  > t tabel 2,000 dengan nilai signifikansi 0,001  < 0,05. Berdasar persamaan regresi Y = 28,699 + 0,346X1 + 0,332X2 , menunjukkan bahwa variabel kompetensi profesional guru dan self efficacy sama-sama kuat dalam mempengaruhi minat siswa dalam mendirikan sebuah usaha. Oleh karena itu diperlukan penguatan kepribadian khususnya self efficacy agar siswa tetap semangat dan optimis melakukan minat yang mereka inginkan.Saran penelitian ini adalah agar guru meningkatkan kualitas pembelajaran kewirausahaan melalui kompetensi yang dimiliknya serta penguatan pada self efficacy juga berperan dalam keterampilan berwirausaha

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Alma, Buchari. (2017). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta

Amalia, Helga Nurul, & Hadi, S. (2016). Pengaruh Prestasi Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan Pemasaran. Journal Economic Education Anaysis, 5(3), 761–773.

Amalia, Y., & Laily, N. (2015). Persepsi Siswa Terhadap Metode Pengajaran Kewirausahaan Dengan Tingkat Minat Berwirausaha Siswa Sma, 3(1), 108–120.

Anggraeni, B., & Harnanik. (2015). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan self efficacyterhadap minat berwirausaha siswa kelas xi smk islam nusantara comal kabupaten pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, X(1), 42–52.

Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru Di Sd Laboratorium Uksw. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49–59.

Dewi, ratika sari, Kurniaitun, taufani C., & Abubakar. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, xxv(1), 150–158.

Dirgayana, A., & Harnanik. (2015). Pengaruh Kinerja Guru, Dan Penggunaan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas X Smk Negeri 02 Pekalongan. Economic Education Anaysis, 4(1), 26–30.

Hambali, M., & Luthfi, M. (2017). Manajemen Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Daya Saing. Journal of Management in Education (JMIE), 2(1), 10–19.

Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2), 70–81.

Hikmah, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru dan Pengetahuan Awal Siswa terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Indonesian Journal of Economics Education, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.17509/jurnal

Idrus, Muh. Nadzir. (2018). Pengaruh Resiliensi Terhadap Minat Bewirausaha Pada Mahasiswa. Skripsi, 1, 1–92.

Indriyani, L., & Margunani. (2018). Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Self efficacyTerhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 848–862.

Margunani, & Atmaja, ahmad tri. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Aktivitas Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Anaysis, 5(3), 774–787.

Marini, chomzana kinta, & Hamidah, S. (2014). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207.

Mulyasa, Enco (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Revida, E. (2018). Model Kualitas Pelayanan Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa SMK di Pematangsiantar Sumatera Utara Model Kualitas Pelayanan Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa SMK di Pematangsiantar Sumatera Utara. LWSA Conference Series, 1(1), 275–280.

Subiyono, ryan galih wicaksono dan. (2017). Hubungan Antara Profil Jiwa Wirausaha Dan Latar Belakang Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5, 311–316.

Marini, chomzana kinta, & Hamidah, S. (2014). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207.

Susanto, samuel christian. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manejemen Dan Start-up Bisnis, 2(2), 277–286.

Ukma, A., Hasan, M., & Supatminingsih, T. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Self efficacyTerhadap Sikap Mental Kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi 2018, 1–6