KONTRIBUSI INSTRUKTUR DAN PELATIHAN TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA PELATIHAN DI UPT PELATIHAN KERJA TULUNGAGUNG TAHUN 2018

Candra Ari Pramana


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v5i2.1010

Abstract


ABSTRAK

Di era global kemajuan suatu bangsa dan negara sangat dipengaruhi oleh kreativitas warga negaranya. Kreativitas setiap warga negara memberikan sumbangan yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat di negara tersebut. Dengan kreativitas, suatu bangsa dan negara akan mampu menciptakan produk- produk kreatif yang dapat dipasarkan kepada masyarakat dalam negeri maupun diekspor ke luar negeri. Oleh karena itu, dalam mengembangkan kreativitas yang dimiliki warga negaranya pemerintah melalui UPT Pelatihan Kerja melakukan pengembangan baik di pusat, provinsi, maupun daerah. Pemerintah juga sebagai komponen yang bertanggung jawab dalam mempersiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan menetapkan berbagai kebijakan di bidang ketenagakerjaan. Didalam UPT Pelatihan Kerja Tulungagung tidak hanya sebagai pengembangan kreativitas atau pelatihan kerja, juga sebagai pusat standarisasi dan sertifikasi, serta sebagai tempat pemebekalan akhir calon tenaga kerja Indonesia. Dalam peneliti menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, metode untuk mendapatkan data dengan membagikan quesioner atau angket untuk semua variabel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Peserta Pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Tulungagung yang berjumlah 144 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket tertutup untuk ketiga variabel yang terdiri atas butir-butir pernyataan yang akan diberikan kepada responden yaitu para peserta pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Tulungagung. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 16.0 dengan model analisis regresi berganda.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kontribusi instruktur dan kontribusi pelatihan terhadap pengembangan kreativitas peserta pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Tulungagung.

 

Kata Kunci: Kontribusi Instruktur, Kontribusi Pelatihan, Pengembangan Kreativitas

Keywords


Kontribusi Instruktur, Kontribusi Pelatihan, Pengembangan Kreativitas

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Darmawan, D. (2016). Kompetensi Instruktur Dan Efeknya Terhadap Kecakapan Vokasional Peserta Pelatihan. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 107–120. Retrieved from dadanpls@gmail.com

Kurniati, N. M. T. (2005). Pengaruh Pelatihan Ketrampilan Kreatif Terhadap Kreativitas. Proceeding. Seminar Nasional PESA T 2005, pp. 1–8.

Mandasari, Y., & R., D. N. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan (Sbk) Materi Seni Rupa Menggambar Kelas 4 Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Karang Binangun Belitang Oku Timur. Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 1–21. Retrieved from Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Purwana, D., Juhaeriah, S., & Sudiarditha, I. K. R. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Kreativitas Terhadap Pemngembangan Usaha Pada Usaha Kecil dan Menengah di Perkampungan Industri Kecil Pulogadung Jakarta Timur. Jurnal Econosains, 15(1), 76–90. https://doi.org/doi.org/10.21009/econosains.015.1.5

Sahari. (2015). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru Di SMAN I Likupang. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, 9(1), 62–86.

Saputra, A., Wahid, S., & Ismaniar. (2017). Strategi Pembelajaran Instruktur Menurut Wargabelajarpada Pelatihan Menyulam. Jurnal Spektrum Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 9–15. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/

Wahyuni, S. (2014). Pengaruh Motivasi, Pelatihan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. E-Jurnal Katalogis, 2(1), 124–134.

Wardi, R. (2013). Motivasi, Prestasi Belajar, Dan Pelatihan Kerja Kaitannya Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(2), 163–176.

Zahra, P. H., Abdulhak, I., & Pramudia, J. R. (2017). Kontribusi Kompetensi Instruktur Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Level II Kursus Menjahit di LPK Putra Kencana 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 77–88. Retrieved from pujihaulahzahra@gmail.com Abstrak