PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Eka Septiani
Pujia Siti Balkist
Yanti Mulyanti


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.7433

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra, model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII di SMPN 13 Kota Sukabumi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 87 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tertulis dengan tiga buah soal kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning, model pembelajaran Discovery Learningberbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, dan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji scheffe dengan komparasi nilai F hitung lebih besar dari F tabel.


Keywords


GeoGebra; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Model Discovery Learning

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Aji, W. R., & Mahmudi, A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran (Ratri Esti Wisnu Aji) 1 MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP THE EFFECTIVITY OF MATHEMATIC LEARNING USING PROBLEM SOLVING METHOD TO INCREASE THE MATHEMATIC PROBLEM SOLVING SKILL OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS.

Ananda Setiyawan, R., & Sri Wijayanti, P. (n.d.). ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI. Agustus, 1(2), 2020. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2

Hidayat, R., Yanti Siregar, E., & Elindra, R. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RENDAHNYA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMK SWASTA TERUNA PADANGSIDIMPUAN. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 5, Issue 3). http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157

Julaeha, J., Rosli, R., & Hendrastuti, RR. A. (2022). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 12 No 2, 82–96. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.6363

Khafidotul Layali, N., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 05, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Maharani, D., & Rafianti, I. (2024). MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. 5(2). https://doi.org/10.46306/lb

Murni Indriati, N., & Siagian, P. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS XI. In Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains (Vol. 5, Issue 1).

Nurdiana, A. (2019). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X IPA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, p-ISSN.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Rahadyan, A., Hartuti, P. M., Ar, A., & Awaludin, R. (2018). PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01).

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian. Alfabeta.

Yuhani, A., Sylviana Zanthy, L., Hendriana, H., Siliwangi Bandung, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.445-452

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21 1.