ETNOMATEMATIKA PADA KONSEP SUDUT AKSARA KA GA NGA SUKU REJANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Aditya, D. Y. (2018). Eksplorasi Unsur Matematika dalam Kebudayaan Masyarakat Jawa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 253–261. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2236
Amaliyah, S. (2021). Konsep pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 1766–1770. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1171
Anto. (n.d.). Aksara Kaganga. Diambil dari Kemendikbud. Https://Kebudayaan.Kemendikbud.Go.Id/Ditwdb/Aksara. https://kebudayaan.kemendikbud.go.id/ditwdb/aksara
Asmara, A. (2022). Students’ Mathematical Literacy Ability at Application of Besurek Learning Model. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(8), 394–399. http://ijmmu.comhttp//dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v9i8.4028
Asmara, A., Ramadiandi, W., Jumri, R., Ristontowi, & Masri. (2024). Improving the Quality of Mathematics Education Through Innovative Approaches : a Literature Review. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(1), 282–296. https://injotel.org/index.php/12/article/view/65/93
dini daniswari. (2022). Sejarah Aksara kaganga dan jumlah aksara rejang. https://medan.kompas.com/read/2022/01/29/113953878/sejarah-aksara-kaganga-dan-jumlah-aksara-rejang?page=all#:~:text=Aksara Kaganga Rejang,tuwai) dan 9 aksara Ngimbang.
Dona, R., Hadiprashada, D., & Budiman, D. A. (2022). Pelestarian Aksara Kaganga Melalui Sarana Komunikasi Sebagai Perwujudan Identitas Suku Rejang di Kabupaten Lebong. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 6(1), 30–36. https://doi.org/10.33369/jkaganga.6.1.30-36
Harahap, S. A., & Rakhmawati, F. (2022). Etnomatematika dalam Proses Pembuatan Tempe. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1291–1300. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1354
Hidayah, L., & Husnial Pardi, H. (2022). Studi Etnomatematika: Konstruksi Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Pembuatan Gerabah Di Desa Banyumulek. Journal of Math Tadris, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i1.59
Huda, N. . (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. NPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2)(217). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Journal, E., & Mauluah, L. (2022). STUDYING MATHEMATICS AROUND KERATON. 3(1), 11–18.
Jumri, R., Heswari, S., Hadi, K. A., Yuda, R. K., Kalsum, U., Oleh, D., Dodeam, S., Yogyakarta, S., & Pertama, C. (2024). Metodologi Penelitian (1st ed.). PT Penamuda Media.
Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 89–108. https://doi.org/10.28918/circle.v1i02.4225
Mahyudi, M., & Yanti, R. S. (2020). Budaya Tabot Bengkulu Sebagai Pendekatan Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 96–106. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3480
Murdiana, Rahmat Jumri, & Boby Engga Putra Damara. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 153–160. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Nisak, K. (n.d.). Kemampuan Berfikir Kritis dalam Memahami Materi Sudut Siswa Kelas VII di SMPN 1 Kalidawir. 16–32.
Nutriana, N. A. . (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Segiempat. Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Yogyakarta.
Seni, P. (2020). Fakta Huruf Rejang, Huruf Tertua di Sumatera yang Mesti Anda Ketahui.
Sumarni, C., Ramadianti, W., Syofiana, M., & Jumri, R. (2023). Hambatan belajar peserta didik pada konsep faktor persekutuan terbesar. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 145–152. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1799
Suparno, Geri.A, D. (2018). Mempertahankan Eksistensi Budaya Lokal Nusantara Ditengah Arus Globalisasi Melalui Pelestarian Tradisi Gawai Dayak Sintang. Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 43–56. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/144/140
Susanty, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Memahami Teks Bahasa Inggris Melalui Teknik Skimming-Scanning Pada Mahasiswa Stit Ru Semester Ii 2017/2018. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.41
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764