ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI SPLDV
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Acep, P., Gunawan, G., Yohana, R., & Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTSN Kota Cimahi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Journal on Education, 01(03), 9–20. https://doi.org/doi.org/10.31004/joe.v1i3.109
Alvira, L. D., & Surya, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika.
Dewi, S. H., & Lestari, N. C. D. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Edukasi, 2(3), 25–30.
Facione, P. A. (2023). Critical Thingking: What Is Is and Why It Counts (p. 31).
Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385
Hasibuan, K. S., Ahmad, M., Harahap, S. D., & Matematika, P. (2023). Efektifitas Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 52–63. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i3.5389
Ilmi, A. R. M., & Puspita, E. (2023). Mengajarkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Di Kelas. Jurnal Rekayasa, Teknologi, Dan Sains, 7(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jrets.v7i1.8634
Ningsih, S. R. A., Turmuzi, M., Wahidaturrahmi, W., & Hayati, L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMP Negeri 14 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 708–718. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.210
Pasaribu, E., Reni, M. I., Simbolon, N. T., & Alriadi, N. (2025). Analisis Kognitif dan Pemahaman Siswa Mengenai Pembelajaran IPA Pada Kelas 6C SDN 101766 Bandar Setia dengan Soal Berbasis HOTS. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/hardik.v2i1.974
Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1), 84–93. https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5471
Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2668
Rosanggreni, B. Y., Sugiarti, T., & Yudianto, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar Kinestetik. Kadikma, 9(1), 61–69.
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Rowldotul jannah, R. nurlaily, Wicaksana, P. T. S., Kartikasari, L., & Fiangga, S. (2020). Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 237–249. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.907
Rusda Elsabrina, U., Hanggara, G. S., Sancaya, S. A., Nusantara, U., & Kediri, P. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 502–513. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/3128
Septiana, R., Febriarini, Y. S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6)(6), 393–399.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/doi.org/10.30738/.v6i1.2082
Sihotang, M. E., & Warmi, A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 282–294. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5907
Sugiyono, D. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Susandi, A. D., Sa’dijah, C., Asari, A. R., & Susiswo, S. (2018). Error Analysis on Prospective Teacher in Solving the Problem of Critical Thinking Mathematics with Apos Theory. January. https://doi.org/10.2991/icomse-17.2018.13
Syam, H., Sutawidjaja, A., Sa’dijah, C., & Abadyo. (2020). Junior high students’ critical thinking in geometry problem solving. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5880–5887. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082221
Waruwu, L., Gulo, Y., Halawa, S., & Zalukhu, N. M. (2024). Analisis Mendalam terhadap Perubahan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 3783–3789. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1329
Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Materi Segi Empat. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539