INTEGRASI BUDAYA LOKAL ANYAMAN DESA SUNGAI LIUK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI MENGGUNAKAN GEOGEBRA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Almazat, R. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA SMP. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27464
Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.300
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Ayu, G., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2020). Study Etnomatematika Pada Aktivitas Pengrajin Anyaman Bambu Masyarakat Sejangkung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v9i9.42229
Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bentuk Anyaman Ende. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 61–67. https://doi.org/10.37478/jupika.v5i1.1732
Diana, E., & Rullyanti, M. (2022). Mengangkat Kayu Terendam: Petatah-Petitih Adat Dalam Prosesi Akad Nikah Di Kota Bengkulu. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia, 55–61. https://doi.org/10.51817/kimli.vi.23
Dianti, V. N. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON. In Αγαη (Vol. 15, Issue 1). https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6854
Fajri, G., Priyono, P., & Kusumohadi, C. S. (2021). Mengembangkan Media Pembelajaran: Analisis Kebutuhan Pada Materi Exterior Light System. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 365–371. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.652
Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3
Hadi, H. S., Supiarmo, M. G., Hidayat, M. Q., & A, L. A. (2022). Ethnomathematics : Concept of Transformation Geometry in Sasambo Batik Motifs Bale Lumbung Sasak. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 44–52. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20659
Khumairoh, H. M., Sukestiyarno, & Agoestanto, A. (2024). LITERASI MATEMATIKA SMA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 350–359. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6262
Laili, L. N., Wati, M. S., Ramadhianti, S. A., & Subiyantoro, S. (2019). Pengembangan Puzzle Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 101. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.324
Lidinillah, D. A. M., Rahman, Wahyudin, & Aryanto, S. (2022). Integrating Sundanese Ethnomathematics Into Mathematics Curriculum and Teaching: a Systematic Review From 2013 To 2020. Infinity Journal, 11(1), 33–54. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i1.p33-54
Mariyah, Y. S., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual : Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959–967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778
Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika (1995- 2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 427–438. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.276
Ndani, Y. E., & Erita, S. (2023). Describe The Understanding of Mathematical Concepts in Class VII Junior High School Students Regarding Objective Questions. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(2), 64–72. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i2.5751
Oktafia, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kartu Arisan Dalam Pembelajaran Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 371–378. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.120
Permata, J. I., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2021). Ethnomathematics : Geometry and Values from Architecture of the Radakng House in Sahapm Village. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 611(ICoESM), 495–499. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211211.083
Putri, R., Mukhaiyar, M., & Ananda, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran M-APOS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 167–177. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.5034
Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai teknik belajar matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Sarmi, A. (2023). INVESTIGASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5721
Sartika, H. Y., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2024). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MOTIF RUMAH ADAT KAJANG LAKO JAMBI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 228–238. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62992
Setiawan, W., & Listiana, Y. (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BATIK MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(1), 62–70. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.4985
Supriyanti, S. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Problem Possing pada Siswa SMP. Jurnal Komikasi Pendidikan, 3(1), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.294
Susanto, N. C. P., Purnamasari, H., & Wahjuningtyas, S. (2023). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Indonesia. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 191–199. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4349
Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 372–380. https://doi.org/10.30738/tc.v3i2.5210
Wahyuni, N. sri. (2021). Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pemebelajaran Matematika di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan Matematika (Peka), 4(2), 35–40. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.819
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942