ANALISIS EFIKASI DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMA KELAS X, XI, DAN XII
Abstract
Penelitian ini menganalisis self-efficacy siswa SMA dalam pembelajaran matematika sebagai faktor penting yang memengaruhi keberhasilan akademik. Menggunakan model Rasch, penelitian ini mengeksplorasi tiga dimensi utama self-efficacy: magnitude, strength, dan generality, melalui 36 butir angket skala Likert empat poin yang diujikan kepada 354 siswa SMA di Jakarta. Analisis data menunjukkan bahwa tiga butir pertanyaan tidak memenuhi kriteria validitas dan dihapus, menghasilkan 33 butir yang valid dan reliabel (Cronbach's alpha = 0,92; indeks reliabilitas butir = 0,99). Analisis logit mengungkapkan bahwa strength (kekuatan keyakinan diri) adalah dimensi yang paling signifikan dalam memengaruhi tingkat self-efficacy siswa. Penelitian ini berkontribusi pada literatur terkait pengukuran self-efficacy dengan pendekatan Rasch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, siswa memiliki tingkat self-efficacy yang baik (rata-rata hitung 69%), mengindikasikan siswa memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi dalam menghadapi tantangan dalam pembelajaran matematika. Hal ini tercermin dari kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas secara konsisten, meskipun tingkat kesulitannya cukup tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abdullah, W., et al. (2012). "Rasch Model Validation in Education Research." Journal of Measurement, 10(3), 123-145.
Agustina, S. D., & Siswanto, J. (2021). Profil Kreativitas dan Ketrampilan Bekerja Ilmiah pada Konsep Asam, Basa, dan Garam Siswa. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(2), 102–107.
Agustina et al. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4 (1) : 96-102.
Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman.
Boone, W.J., Staver, J.R., & Yale, M.S. (2014). Rasch Analysis in the Human Sciences. Springer.
Dwi Riska. (2022). "Kemampuan Bernalar Matematis dan Pemecahan Masalah dalam Konteks Pendidikan Indonesia." Jurnal Pendidikan Matematika.
Nabil, Naimina Restu An., dkk (2022). Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(2).
Pandawa, R. M., Ridwan, A., & Mahdiyah. (2021). Analysis of the instrument content validity using the Aiken Index on disaster nursing competency assessment. Degres, 20(1), 298–308. https://www.degres.pw
Retnawati, H. (2016). Proving content validity of self-regulated learning scale (The comparison of Aiken index and expanded Gregory index). Research and Evaluation in Education, 2(2), 155-164. doi:http://dx.doi.org/10.21831/reid.v2i2.11029
Schunk, D.H., & Pajares, F. (2009). "Self-Efficacy and Academic Motivation." Educational Psychologist, 39(2), 105-115.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch dalam Penelitian Sosial. Jakarta: Trim Komunikata.
Widianti, T. (2017). "Efikasi Diri dalam Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA." Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Yunita, N. V., & Suranata, K. 2018. Pengembangan dan Validasi Skala Penyimpangan Seksual Melalui Analisis Rasch. Bisma, 2 (1): pp. 22-30