THE RELATIONSHIP OF SELF-CONFIDENCE WITH THE MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING ABILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Aisyah, P. N., Nuraini, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal On Education, 1 (1), 58–65. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.11
Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844
Biegur, J. (2020). Soft Skills untuk Prestasi Belajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Endah, D. R. J., Kesumawati, N., & Andinasari, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207–222. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331
Fitriyani, Pranoto, B. A., & Nurbaeti, R. U. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1 (02), 29–35. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.159
Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal), 8(2), 121–129. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770
Khidzir, N. Z., Daud, K. A. M., & Ibrahim, M. A. H. (2016). The Relationship among Student’s Domain of Learning Development Implementing Virtual Learning in Higher Learning Institutions. International Journal of Information and Education Technology, 6(6), 418–422. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.725
Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nur, F., & Damayanti, E. (2021). Kelekatan Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(2), 122–132. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.4547
Pradnyana, P. B. (2020). Pendidikan Karakter Penting di era Covid-19 (Penguatan Pendidikan Karakter Mempersiapkan Mahasiswa Tutor Sebaya di Lingkungan Keluarga dan Skala Taruna). Bali: Surya Dewata.
Prawiyogi, A. G., Sa’diah, T. L., Asmara, A. S., & Ainesta, W. (2022). Lingkungan Keluarga Mempengaruhi Hasil Belajar. JSD : Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 49–57. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.2244
Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119–125. https://doi.org/10.29210/3003907000
Rahman, M. H., Iriani, T., & Widiasanti, I. (2020). Analisis Ranah Psikomotor Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah Kurikulum Smk Teknik Konstruksi Dan Properti. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022
Ramlan, A. M., Hermayani, H., & Jahring, J. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2188–2199. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3996
Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 27(1), 1–13. https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i1.79
Santi, D. P. D., Setiyani, S., Suhena, E., Dwiyanti, F., & Suryana, N. (2021). Analisis Self Confidence Pada Siswa Kelas XI Sekolah Kejuruan (SMK) Dalam Pembelajaran Matematika Daring. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 79–86. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8338
Suryawan, H. P. (2020). Pemecahan Masalah Matematis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press anggota APPTI.
Sutangsa, S. (2021). Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID 19. Indonesian Psychological Research, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.479
Syamsuni, & Rantisari, A. M. D. (2021). Statistik dan Metodologi Penelitian Edisi 2. Bojonegoro: KBM Indonesia.
Ulpah, M. (2017). Analisis Hasil Pembelajaran Matematika pada Ranah Afektif Mahasisiwa Calon Guru di IAIN Purwokerto. Insania, 22 (2), 354–365. https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1224
Zulhendri. (2019). Pendekatan Matematika Realistik Pada Operasi Hitung. Journal of RESIDU, 3(13), 85–99.