PENERAPAN METODE WAWANCARA KLINIS BERBANTUAN ANIMASI POWTOON DALAM MATERI BILANGAN PECAHAN PADA MAHASISWA FKIP PGSD UNTAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agustiati, Rifka dan Pandriadi, dkk. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Makassar : Tohar Media.
Akmalia, R. dan Fajriana, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran animasi Powtoon Dalam Meningkatkan Konsep Matemtika. Artikel. Online. (https://ojs.unimal.ac.id/mjml/ index, diakses tanggal 21 September 2024).
Anas, Sudijono. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Asrul, Rusydi Ananda, dan Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Cipta Pustaka Media.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). KBBI VI Daring. Diakses tanggal 28 Oktober 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/profil.
Buschman, L. (2001). Using Student Interviews To Guide Classroom Instruction : An Action REsearch Project. Teaching Children Mathematics. Artikel. Online. (http:// www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=Buschman,+L.+2001, diakses tanggal 29 Oktober 2012).
Campbell, D.T & Stanley, J.C. (1996). Experimental and Quasi-Expermental Designs For Research. Chivcago :Rand McNally& Co.
Djaali. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Fitriyani, Nina. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal : Tunas Bangsa. Vol. 6. No. 1. hal 106-107.
Gunawan. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Sleman : Deepublish CV. Budi Utama.
Hastjarjo, T.D. (2019). Rancangan Eksperimen Kuasi. Jurnal UGM, Buletin Psikologi Vol. 27, No.2, p187-203.
Heirdsfield, Ann. (2005). The Interviewing In Mathematics Education : The case Of Mental Computation. Artikel. Online. (http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=clinical+interview+Heirdsfi eld+%282005, diakses tanggal 29 Oktober 2012).
Ilham, Effendy. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Volt : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. Diakses tanggal 28 Oktober 2024. jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT Vol 1, No. 2, Oktober 2016, 81-88.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. .(2023). Merdeka Mengajar. Diakses tanggal 28 Oktober 2024. .http://pusatinformasi.guru. kemdikbud.go.id.
Latifah, N. dan Lazulfa. (2020). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Sumber Untuk Tabel Periodik Unsur. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 26 - 31.https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/4 28.
Lesmana, Hendra. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Di Kelurahan Pasarbatang. ,Artikel. Online. (file:///C:/Users/USER/Downloads/342-Article%20Text-1450-2-10-20210519.pdf, diakses tanggal 28 Oktober 2024 ).
Musser, L.G dan Burger, F.W. (1994). Mathemetics For Elementary Teachers A Contemporary Approach (Thurd Edition). New Jersy, USA : Prentice-Hall, Inc. Nurhairunnisah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas X Students (Thesis). Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurhayati, I. dan Sugiatno, dkk. (2012). Wawancara Klinis Berbasis Scaffolding Berbantuan LKS Menggunakan Multi Representasi Pada Penjumlahan Di SMP. Pontianak : Universitas Tanjunpura. DOI:http://dx.doi.org/10.26418/jppk.vlil.453.
Purwanto, Ngalim. (2004). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Rohmah, Siti. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : UAD PRESS.
Schoor, R. Y. (2000). A Study Of The Use Of Clinical Interviewing With Prospective Teachers. Artikel. Online. (http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=Schoor%2C+R.+Y.%2C+Gi nsburg%2C+H.+P.+2000, diakses tanggal 29 Oktober 2012).
Siti Q. R., Yuraida M., Nur K. R., Syaiful H. M. (2022). Penerapan Metode Skoring Untuk Penilaian Hasil Belajar Siswa Di SDN Pondok Kelor II. Vol. 1 No. 2 Desember 2022 Hal. 239-243. Diakses tanggal 28 Oktober 2024. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst. Sudjana. (1996). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. 2(1), 1-8.
Sudjana. (1996). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. 2(1), 1-8.
Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Walyanda, Uun dan Halini, H., dkk (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Pokok Bahasan Operasi Hitung Pecahan Di SMP 13 Pontianak. Pontianak : Universitas Tanjungpura. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i5.25751.
Yani T., Ahmad. (2023). Menelaah Penguasaan Konsep dan Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah. Pontianak : Universitas Tanjungpura.