THE DEVELOPMENT OF “KOMLABIL” (KOMIK POLA BILANGAN) MEDIA IN LEARNING NUMERICAL PATTERNS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Dewi, N. M. A. S., Ardana, I. M., & Sudiarta, P. I. G. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 547–560.
Fauzan, F. A., & Nuriadin, I. (2023). Influence of Interactive Media-based Kahoots Application with Islamic Questions on Students’ Learning Outcomes. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 223–232. https://doi.org/10.25217/numerical.v7i1.3638
Ferdiansyah, H., Haling, A., & Nurhikmah H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.879
Fitri, S., Fahmi Dwisep Saputra, & Taufiq, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tasikmalaya. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 1–5. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.65
Hadi, N. (2020). Powerspring Sebagai Solusi Inovatif Pembelajaran Yang Asyik Dan Menyenangkan Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD 143 BAGI SISWA SD. Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 143–154.
Hasanah, N., Syaifuddin, M., Darmayanti, R., & In’am, A. (2022). Analysis of the Need for Mathematics Teaching Materials “Digital Comic Based on Islamic Values” for Class X SMA Students in Era 5.0. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 231–240. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/2584
Ibrohim, M., Sofwan, M., & Budiono, H. (2024). Pengembangan Media counting Box Pada Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 553–564.
Listianingsih, M., Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Bhakti, Y. B. (2021). Android-Based Comics: An Alternative Media to Improve Scientific Literacy. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 7(1), 105. https://doi.org/10.30870/jppi.v7i1.8636
Machmud, T., Wijaya, T., & Usman, K. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Cermat” Berbasis Android Pada Materi Koordinat Kartesius. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3352. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7265
Muliling, R. O., Bito, N., & Isa, D. R. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Koordinat Kartesius Kelas Viii Smp Negeri 1 Suwawa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(2), 141. https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.141-156
Murtafiah, M., Masrura, S. I., & Saharuddin, S. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantukan Adobe Flash di Masa Pandemi Covid-19. Saintifik, 7(2), 161–166. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.338
Nabila, H., Nursyahidah, F., Prasetyowati, D., Matematika, P., & Pgri Semarang, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika Menggunakan Ispring Suite Development Of Ethnomathematics-Based 3D Shapes Materials Learning Media Using Ispring Suite. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 280–287.
Palupi, W. K. S., Hasyim, M., & ... (2021). Pengembangan LKS Digital Berbasis Android dengan Pendekatan Etnomatematika Candi Sanggarahan untuk Mengatasi Hambatan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 30–37. https://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/2139%0Ahttp://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/2139
Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2660–2672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1547
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Qiftiyah, M., Yunianto, T., Hidayati, A. N., & Sari, T. M. (2024). The Influence of Batang Napier Media on the Learning Outcomes of Class III Elementary School Students. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 18. https://doi.org/10.24042/terampil.v10i1.16399
R. Anesia, B. S. Anggoro, and I. G. (2018). Pengembangan Media Komik berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2774
Rahmawati, M., Yani T, A., Sayu, S., Fitriawan, D., Suratman, D., & BS, D. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Teorema Phytagoras menggunakan E-Comic Berbantuan Pixton. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 155–163. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2086
Ramadhani, N. I., Berahman, B., & ... (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas Viii Smp Menggunakan Kodular. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 360–369. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/6545
Rohman, Syaifudin, N. A. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5, 165–173.
Sa’diyah Auliyana Ni’mah. (2016). Implementasi Media Bermain Flashcard Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Di RA Al Khurriyah 02. Repositori IAIN Kudus, 1–23.
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. 3, 123–133.
Sari, R. M. M., & Priatna, N. (2020). Model-Model Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 (E-Learning, M-Learning, AR-Learning dan VR-Learning). Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 107–115.
Sugiyono. (2015). Metode_Penelitian_Pendidikan_Sugiyono_20.pdf (pp. 47–281).
Syabrina, M., & Sulistyowati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Flash Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 25–36.
Wardhani, I. S. (2024). Pengembangan Modul Ajar Materi Geometri Untuk Menumbuhkan Spatial Skills Siswa Sekolah Dasar. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 277–289. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5759
Warsita, B. (2018). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif. Jurnal Teknodik, XIV(1), 062–073. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Jurnal Teknologi Dan Informatika (JEDA), 1(1), 1–12.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963