PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN PROSEDURAL MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Aggleton, Jen. (2018). “Defining digital comics: a British Library perspective.” Informa UK Limited. https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1503189.
Arnidha, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pengetahuan Konseptual Dan Prosedural Siswa Sd Dalam Pokok Bahasan Pecahan. JPGMI, Vol. 2, No. 1, 54-60. https://doi.org/ 10.54892/jpgmi.v2i1.23
Cohen, Louis. Lawrence, Manion. Keith, Morrison. (2007). Research Methods In Education. Sixth Edition. Routledge Taylor & Francis E-Library. USA and Canada.
Daryanto dan Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gaya Media.
Ernawati (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Servver. UNY. https://doi.org/ 10.21831/elinvo.v2i2.17315.
Fahmi, S. (2018). (1st Ed). Membangun Multimedia Interaktif. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.
Nurhayati, E. (2018). Psikologi Pendidikan Inovatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan ( Research & Development): Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Batu: Literasi Nusantara. https://doi.org/ 10.13140/RG.2.2.10113.94566.
Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis FE-UNIAT, 2(2), 169–178. doi: https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47.
Hernawati, I. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient. Tesis Universitas Sebelas Maret.
Hidayah, N., & Ulva, R.K. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Komik Pada Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Purworejo Negeri Katon Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 4 (1): 37.
Lee, Vivian WH. (2013). Using Storyboard That As a Tool in the Classroom. (Online). Retrieved from: http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Using_Storyboard That_As_a_Tool_in_the_Classroom.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Mustakim. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Menggunakan Aplikasi Storyboard That Berbasis Pendekatan Kontekstual Di MTS Al-Furqon Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v8i2.5082.
National Research Council. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B (Eds.), Mathematics Learning Study commite Center for Education, Division of Behavioral and Social Sciences and Education.Washington, D. C.: National Academy Press.
Novitasari, C. (2022). Metode Pengembangan Multimedia Menurut Luther-Sutopo. Pelajarino.com. (Online).
Rahman, A. A.(2018). Srategi Belajar Mengajar Matematika. Banda Aceh : Syiah Kuala University Press.
Rohatin, A., Sujiran & Puspananda, D. (2020). Kemampuan Prosedural Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut Carl Gustav Siswa Kelas Vii Mts Matholi’ul Fallah Simo Tahun Pelajaran 2019/2020. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 7 No. 2.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Setiawati, dkk (2017). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pembelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 8 No. (1) pp. 16-31 https//ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU
Sukmawati, A. (2022). Analisis Kemampuan Prosedural Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMPN 3 Barru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan ( Research and Development/ R&D). Bandung: ALFABETA, cv.
Wahyu & Hartanto. (2019). Perancangan User Interfance Game Angklung denan Metode Use Centered Design (Studi Kasus Saung Angklung Udjo), Bandung: Ind Journal On Computing. https://doi.org/10.21108/INDOJC.2019.4.1.273.