EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ELEKTRONIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Delima, N., Kurniasih, I., Tohari, R., Hutneriana, F., Nailul, A., & Arumanegara, E. (2022). PISA dan AKM literasi matematika dan kompetensi numerasi.
Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. http://www.physics.indiana.edu/~hake
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Juliana, M., Fitraini, D., Susanty, E., & Mahmita, M. (2023). Integration of islam in application-based e-modules (a development study in facilitating problem-solving capability). Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 6(2).
Kemdikbud. (2016). Kamus. Kemendikbudristek .
Kherid, Z. Y. A. (2009). Sumber belajar dari berbagai macam sumber. https://www.researchgate.net/publication/342523290
Kurniawan, D. A., & Damayanti, L. (2021). Comparison of print modules and E-modules to the tolerance character of students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 298–307. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Mahadiraja, D. (2020). Pengembangan modul pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL) , 06(01), 77–82. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index
OECD. (2023). PISA 2022 results factsheets Indonesia PUBE. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar sebagai acuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran digital. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69–74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129
Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “sistem komputer” untuk siswa Kelas X multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/600
Rismaini, L., & Devita, D. (2022). Efektivitas E-Modul Model Pembelajaran Problem Solving pada Pelajaran Matematika. 06(02), 1511–1516.
Saumi, F., Muliani, F., & Amalia, R. (2022). Pengembangan e-modul berbasis augmented reality dengan model guided discovery learning pada materi vektor. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3850. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6066
Susanto, D., Sihombing, ,Savitri, Radjawane, M., & Warnadi, A. K. (2021). Insipirasi pembelajaran yang menguatkan numerasi pada mata pelajaran matematika untuk jenjang sekolah menengah pertama. Kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi republik indonesia.
Syafriani, D., Darmana, A., Syuhada, F. A., & Sari, D. P. (2021). Buku ajar statistik uji beda untuk penelitian pendidikan (cara dan pengolahannya dengan spss) (Vol. 1). PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
UNICEF, U. (2020). Menguatkan pembelajaran digital di seluruh Indonesia. https://blogs.worldbank.org/eastasiapacific/COVID-19-and-learning-inequities-indonesia-four-ways-bridge-gap
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan literasi numerasi dan pendidikan karakter dengan e-Modul bermuatan etnomatematika di era pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218