UJI VALIDITAS KONTEN INSTRUMEN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263-268. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Andini, H. P., Sunismi, & Setiawan, Y. E. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(25). https://jim.unisma.ac.id/index.php/ jp3/article/download/13928/10711
Anggraini, F. D. P., Aprianti, Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491-6504. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1093-1104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1093-1104
Herdiana, Y., Marwan, & Zubainur, C. M. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 23-35. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1250
Hikmah, & Muslimah. (2021). Validitas dan Reliabilitas Tes dalam Menunjang Hasil Belajar PAI. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1). https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/ PICIS/ article/ download/520/855
Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Ta'dib, 22(1), 19-26. http://dx.doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226
Milkhaturrohman, Silva, S. D., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94-106. https://doi.org/10.33365/jm.v4i2.2095
Mufidah, A. (2021). Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengukuran Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.51651/jkp.v2i3.144
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960
Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75. https://doi.org/10.24952/masharif.v4i1.721
Nasution, Z. M., Surya, E., & Manullang, M. (n.d.). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Motivasi Belajar Siswa yang Diberi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendidikan Matematika Realistik di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi. Paradikma, 10(1). https://dx.doi.org/10.24114/paradikma.v10i1.8688
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-32. https://karya.brin. go.id/16035/1/Jurnal_Nisa%20Sri%20Rahayu_MTs%20Manbaul%20Huda%20Garut_2021.pdf
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 204-215. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854.g2785
Rusnianti, W. O., Kaimuddin, L. O., Kansil, Y. E. Y., & Ashari, I. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 5 Buton. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2). http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd
Salsabilah, A. S., Afifah, N. P. N., Herdiansyah, R. F. P., & Komariah. (2023). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Gabungan Siswa Kelas IV SD. Journal on Education, 6(1). http://jonedu.org/index.php/joe
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135-1142. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142
Setiyawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis Kualitas Instrumen Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 130-139. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.26
Suhardi, I. (2022). Perangkat Instrumen Pengembangan Paket Soal Jenis Pilihan Ganda Menggunakan Pengukuran Validitas Konten Formula Aiken's V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4158-4170. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3519
Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. Kadikma, 13(1), 68-73. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/download/31327/11235/
Syabaniah, T. N., & Nuraeni, Z. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menggunakan Instructional Video Berbasis Pendekatan Worked Example. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 321-336. http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i2.4515
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika Pada Kehidupan Sehari-hari Dalam Masyarakat. Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya konsep dasar matematika pada keProgram Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3). https://osf.io/zd8n7/download
Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B MTs Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115-124. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234