EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MOTIF RUMAH ADAT KAJANG LAKO JAMBI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. In Banyumas : CV. Pena Persada.
Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Muzakkir. (2021). Pendekatan Etnopedagogi Sebagai Media. 2(2), 28–39.
Nare, M. O., Rusmana, I. M., & Nusantari, D. O. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Panggung Khas Sunda di Daerah Kranggan Wetan. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8(0), 223–234.
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. 41–50.
Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatika dalam Seni Anyaman Jambi sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714.
Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerabah Mlaten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453.
Sastrawati, E., & Guspita, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemamouan Berpikir Kritis Peserta Didik. 11, 1029–1037.
Sastrawati, E., Maryono, & Budiono, H. (2023). Etnomatematika: Matematika dalam Budaya Sepucuk Jambi Sembilan Lurah (U. Rusydiana (ed.)). Media Guru.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).
Sukarani, N. M., & Bella, C. (2022). Sejarah Aritmatika : Manfaat Pembelajaran. Dunia Ilmu, 2(1), 1–8.