PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA FOR EDUCATION UNTUK KELAS VI SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agusmiati, S., & Frasandy, R, N. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Alat Permainan Kelereng Dengan Stik Es Krim dalam Pembelajaran Matematika Kelas III di SD Negeri 34 Kabupaten Seluma. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 11(1). https://doi.org/10.15548/alawlad.v11i1.2511
Cahyadi, R, A, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Ciptaningtyas, W. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis
Canva pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa Kelas V SD.
(Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Damayanti, L. (2022). Pengaplikasian Modul Elektronik Berbasis Permainan Tradisional Jage Benteng (Benteng-bentengan) menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional untuk Kelas V Tema 1 Sekolah Dasar. (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Darmawan, L. A., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan media puzzle susun kotak pada tema ekosistem. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 14-17. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17095
Destrinelli, D., Hayati, S., Mahdalena, M., & Rianti, S. (2022). Model Evaluasi
Berbasis HOTS untuk Pembelajaran Blended. Jurnal Basicedu, 5(6), 6439–6452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1837.
Dewanti, L., & Yasmita, E. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Buku Cerita Bergambar Pada Siswa di SDN 17 Pasar Surantih Pesisir Selatan-Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 381-388. https://doi.org/10.47492/jih.v11i1.1622
Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301-310.
Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika permainan kelereng. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 32-40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3
Harahap, L. (2019). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. (Pascasarjana Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Medan).
Indah Wahyuni, I. W. (2021). Buku Ajar Etnomatematika. Universitas Islam Negeri.
Irdhina, D., Suwarma, I, R., Anggraeni, A., Purba, M., Purnamasari, N., & Saad,
M, Y. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi
(Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud
Merdeka Belajar di SD Cikal Cilandak. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Juniati, L., Destrinelli, D., & Hayati, S. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Aplikasi Animaker Pada Tema 7 Subtema I Kelas I Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Khairiyah, E. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP/MTs. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Kifron, M. (2021). Pengembangan Multimedia interaktif Aplikasi iSpring Suite 9 pada Pembelajaran IPA Subtema Manusia dan Lingkungan di Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, pendidikan guru sekolah dasar).
Kosassy, S, O. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila. 14(1).
Lakapu, M., Fernandez, A. J., Djong, K. D., Fernandez, M., & Gawa, M. G. M. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Figma Jurnal Pendidikan. 4(1). 50-55.
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1).
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.
Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul
Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik
Pendidikan, 31(2), 112–126. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd
Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi
di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.
Maryono, M., Kuntarto, E., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2022). Pelatihan Pembuatan Bigbook Digital Sebagai Media Pembelajaran Membaca di SDN 018/V Kuala Tungkal. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2841-2845. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5915
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 1(2), 29–35.