PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI BUDAYA LOKAL KERINCI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Anggraini, R. S., & Fauzan, A. (2020). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Mathematical Problem Solving Ability. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 94. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i2.595
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534
Astuti, A., Zulfah, Z., & Rian, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9222–9231. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2452
Azra Akila Nihaya, Nila Kesumawati, & Marvinda Rizki Dita Dirgantara. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1427–1438. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3265
Baharuddin, & Hardianto. (2019). Efektifitas penerapan model pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2, 22–33. doi:10.30605/cjpe.212019.105
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
G.Polya, How to solve It, "United States of America: University Press, 1973",hlm. 12-14.
Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425–432. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.156
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematich. Reston, VA: NCTM.
Manggalastawa, & Nugraha, Y. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika. Jurnal Analisi Ilmu Pendidikan, 1(2), 16–22. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68413
Mayangsari, S. N., & Mahardhika, L. T. (2018). Scaffolding pada penyelesaian soal non rutin telescopic. Jurnal Ilmiah Edutic: Jurnal Pendidikan Dan Informatika, 4(2), 44–52. https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/3952
Muzakki, M., & Fauziah, P. Y. (2015). Implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis budaya lokal di PAUD full day school. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 39. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4842
Pramana, A. (2021). Analisis Perbandingan Trading Volume Activity dan Abnormal Return Sebelum Sesudah Pemecahan Saham. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 1–15.
R. Ayu, Nurrahmawati, H. D. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 RAMBAH SAMO.
Rahmawati Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942
Reno, P., Geni, L., & Hidayah, I. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Abstrak. 6(1), 11–17.
Sungur, S., & Tekkaya, C. (2006). Effects of problem-based learning and traditional instruction on self-regulated learning, J. Educ. Res. 99 (5) 307-320. https://doi.org/10.3200/JOER.99.5.307-320
Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Soal-soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 9(01), 1–14. https://doi.org/10.24952/logaritma.v9i01.2782
William, & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint. JSM STMIK Mikroskil, 20(1), 71–80.
Yavuz, G., & Erbay, H. N. (2015). The Analysis of Pre-service Teachers’ Beliefs about Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2687–2692. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.953
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563