ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Bahriah, E. S., Nurfikri, M., Ayunda, M. R., & Raihan, H. M. (2022, August). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH PASCA PANDEMI COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia (Vol. 1, No. 1, pp. 206-215).
Damayanti, E., Sugiatno, S., & Sayu, S. (2018). Kelancaran prosedural matematis siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(9).
Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10.
Farhatunnisah, F. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Hadis, A., & Nurhayati B. (2014). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hartini, T. S., & Warmi, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Hazarida, R., Deswita, H., & Richardo, R. (2015). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Rambah Hilir.
Ismail, H. (2018). Peningkatan motivasi belajar matematika melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD Inpres Palupi. Jurnal Kreatif Online, 4(4).
Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal riset pendidikan matematika, 1(2), 176-187.
Lestari, E. Karunia dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2015). Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Indonesia, 13(2), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10304
Oktaviani, R., & Dewi, D. P. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 133-140.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Suhendri, H., & Mardalena (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(2).105– 114. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 14(1), 45–55. https://Doi.Org/10.17509/Md.V14i1.11384
Tigowati, Tigowati, Agus Efendi, and Cucuk W Budiyanto. 2017. “E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 2 (1): 49–58.
https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416.
Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 5(3), 210–219. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).