PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Adha, SM, & Rahaju, EB (2020). Profil berpikir reflektif siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan logistik-matematis. Jurnal penelitian pendidikan matematika dan sains , 4 (2), 61-71. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p61-71
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44-60. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J.E..Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/10.5951/AT.29.5.0059
Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Azwaja Pressindo.
Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 335-344. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9678
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43-72. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403
Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.25
Krismini, W. (2020). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Disertasi Doktor, Universitas Negeri Medan).
Krisnawati, S., & Iyam, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819-826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
Mahuda, I. (2017). Pembelajaran kooperatif Co-Op Co-Op dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2028
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM
Prastyo, H. (2020). Kemampuan matematika siswa indonesia berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111-117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187-202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Ramadhani, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA melalui guided discovery learning berbantuan autograph. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2032
Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215-226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826
Sari, W. P., Purwasi, L. A., & Yanto, Y. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Teorema Pythagoras. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 387-401. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.1009
Siswono, T. Y. E. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah matematika. Edumath, 1–10. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Alfabeta.
Teni, S. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi aljabar dengan menggunakan pembelajaran daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261
Virgia, Z., Granita, G., & Zulkifli, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 371-379. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8566
Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Research and Development Journal of Education, 6(1), 18-27. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4093