PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA “KOORDINAT KARTESIUS TRANSPARAN” BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI

Nur Kholifah
Rahyu Setiani
Dian Septi Nur Afifah


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4923

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media “koordinat kartesius transparan” berbasis PBL pada materi geometri transformasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli pembelajaran, angket penilaian peserta didik dan guru serta tes evaluasi. Analisis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif meliputi saran, pendapat ahli media dan ahli materi. Untuk analisis data kuantitatif didapat dari angket yang telah diberikan kepada ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, praktisi dan peserta didik. Analisis data kuantitatif beserta uji yang dilakukan yakni uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran koordinat kartesius transparan pada pembelajaran pertama adalah 81,875, pembelajaran kedua adalah 84,063 dan pembelajaran ketiga adalah 86,719. Dengan demikian nilai rata-rata peserta didik secara keseluruhan adalah 84,271. Nilai tersebut berada diatas nilai KKM yaitu 70. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini termasuk dalam kategori efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi geometri transformasi.

Keywords


geometri transformasi; koordinat kartesius; media

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2), 145.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Hollebrands, K. F. (2003). High School Student’s Understanding of Geometric Transformation in The Context of a Technological Environment. Journal of Mathematical Behavior, 22(1), 55–72.

Permendikbud. (n.d.). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses. 2016.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru 2. Rajawali Pers.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.

Sitiana, E., & Rezeki, S. (2020). Problem-Based Learning pada Materi Koordinat Kartesius: Suatu Tindakan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Lesung. Jurnal Aksiomatik, 8(1), 44–50.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 263.

Suyatno. (2009). Penjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka.

Wibowo, D. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Pustaka Pelajar.

Wicaksono, S. (2016). The Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash In Accounring Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122–139.