PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Anggun Rachmawati Putri
Sintha Sih Dewanti - [ https://orcid.org/0000-0001-5966-1354 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.3676

Abstract


Tujuan riset ini guna (1) Mengidentifikasi dan menyelidiki perbandingan motivasi
belajar siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok, (2)
Mengidentifikasi dan menyelidiki hubungan gaya belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok, (3) Mengetahui gaya belajar yang menyumbang
presentase besar terhadap motivasi belajar. Metode kuantitatif digunakan dalam riset ini
dengan jumlah sampel sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan Simple Random Sampling. Kuesioner tentang motivasi belajar dan gaya
belajar digunakan guna mengumpulkan data kemudian ditelaah menggunakan regresi linier ganda dengan taraf 5% (α = 0,05). Hasil riset menunjukkan bahwa 1) siswa laki-laki memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dari siswa perempuan yaitu dengan rata-rata 95,21 (2) terdapat hubungan antara gaya belajar siswa dengan motivasi belajar siswa (3) gaya belajar auditori menyumbang presentase terbesar terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai R Square sebesar 24,9%.


Keywords


Gaya belajar; motivasi belajar; pembelajaran matematika; Gender

Full Text:

PDF

Article Metrics :