Model Pembelajaran DMR: Dampaknya Terhadap Literasi Matematis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP

Rizki Akbar Rantauni
Bambang Sri Anggoro
Suherman Suherman


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i1.2503

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi model pembelajaran yang digunakan pendidik selama proses pembelajaran bersifat monoton. Hal ini menyebabkan pemahaman literasi matematis siswa belum maksimal. untuk mengetahui pengaruh literasi matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) dengan yang diberikan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jati Agung, Pengaruh literasi matematis antara kategori sikap peduli lingkungan tinggi, sedang, rendah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jati Agung, Interaksi antara model pembelajaran dengan kategori sikap peduli lingkungan dengan literasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel acak digabungkan dengan clustering random sampling, dan sampel penelitian dipilih melalui undian. Peneliti memetakan semua kelas, kelas pertama digunakan sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas dengan model pembelajaran DMR. Selain itu, kelas kedua digunakan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori. Peneliti kemudian memutuskan menjadikan kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen dan VIII B sebagai kelas Ekspositori (konvensional) Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pada materi pola bilangan untuk mengukur literasi matematis dan untuk mengukur sikap peduli lingkungan menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalan. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara siswa yang memperoleh model pembelajaran DMR terhadap kemampuan literasi matematis. (2) tidak terdapat pengaruh sikap peruli lingkungan tinggi, sedang, rendah terhadap kemampuan literasi matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran DMR dan sikap peduli lingkungan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.

Keywords


DMR; Literasi Matematis; Sikap Peduli Lingkungan

Article Metrics :

References


Agustina, T., Sukmana, N., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model Diskursus Multi Representasi ( DMR ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Educare, 17(2), 151158.

Anggoro, Bambang Sri, nukhbatul Bidayati Haka, and Hawani Hawani. "pengembangan majalah biologis Al-quran Hadist pada mata pelajaran biologi untuk peserta didik kelas X di tingkat SMA/MA: The Development of Al-Quran Hadist based on Biologi Subject for class X Student high Scholl/MA level." biodik 5.2 (2019): 164-172.

Anggraini, cici desra. (2019). Pengaruh model Pembelajaran DMR (Discursus Multi Representasi).

Arieska, P. K. dan N. H. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166171. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/4322/4001

Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Peserta Didik. 7(2), 9.

Baaqeel, N. A. 2020. Improving Student Motivation and Attitudes in Learning English as a Second Language; Literature as Pleasurable Reading: Applying Garners Theory of Multiple Intelligences and Krashens Filter Hypothesis. Arab World English Journal, 4(1).

Faidah, N., Masykur, R., Andriani, S., & Haerlina, L. 2019. Realistic Mathematics Education (RME) Sebagai Sebuah Pendekatan pada Pengembangan Modul Matematika Berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 328332.

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. 2019. Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799814. https://doi.org/10.17478/jegys.574275

Hudiono, Bambang. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika Dan Daya Representasi Pada Peserta didik SLTP. Jurnal Cakrawala Kependidikan 8, no. 2 (2010): 10110.

Kusuma, Rahmat, Diyanto, Fitri Dwi, Sri Purwanti, and Bambang Sri Anggoro. "Multi Media Pembelajaran matematika interaktif berbasis komputer." Decimal: Jurnal matematika 1.2 (2018): 199-199.

Ndia, L., Solihatin, E., & Syahrial, Z. 2020. The Effect of Learning Models and Multiple Intelligences on Mathematics Achievement. International Journal of Instruction, 13(2), 285302.

Rahmawati, I., & Suwanda, I. M. (2015). LINGKUNGAN SISWA MELALUI SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP NEGERI 28 SURABAYA I Made Suwanda Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam . Dengan sumber daya alam yang melimpah masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dengan mudah . Kemudahan menikmat. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(3), 7188.

S. A. Bambang, Pengembangan Modul Matematika untuk mengukur tingkat kemampuan kreatifitas peserta didik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), (2015), 121-130.

Sri Walny Rahayu. (2016). Metode Penelitian Hukum Materi Ajar Metodologi Penelitian Hukum. Materi Ajar Penemuan Hukum, 1. http://ayoearmansunsyiahacid.academia.edu

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101

Suherman, S., Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., Laksono, P., & Amiruddin, A. 2020. Improving Higher Order Thinking Skills (HOTS) with Project Based Learning (PjBL) Model Assisted by Geogebra. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012027

Wahyudi, W. (2012). Assesment Pembelajaran Berbasis Portofolio di Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 288297. https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.370