Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan MIT App Inventor terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Oki Novanto
Bambang Sri Anggoro
Wawan Gunawan


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i1.2417

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan pengajaran yang berupa Aplikasi himpunan berbantuan MIT App Inventor terhadap kemampuan pemahamanan konsep matematis pada materi Himpunan. Dengan menggunakan Aplikasi Himpunan dapat memperoleh informasi dimana pun dan kapan pun, mampu dibawa kemana saja untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik. Subyek penelitian ini ialah siswa-siswi SMP Amal Bakti Lampung Selatan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket validator yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan angket respon kemenarikan peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil analisis data yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan rata-rata skor 3,89 ahli materi dan 3,49 ahli media. Hasil respon peserta didik menyatakan media pembelajaran yang dikembangkan atau dihasilkan sangat menarik untuk digunakan dengann rata-rata skor 3,75 untuk uji coba kelas kecil dan 3,71 untuk uji coba kelas besar. Dikarekan dampak COVID-19 yang menyebar diseluruh dunia dan kebijakan PPKM level 4 yang sedang diterapkan pemerintah menyebabkan penelitian memiliki batasan pada tahap Development saja, kemudian pengujian keefektivitas Aplikasi Himpunan dalam pembelajaran tidak dapat dilaksanakan.

Article Metrics :

References


Abdul Kadir. (2018). Langkah Mudah Pemrograman Android Menggunakan App Inventor 2 Ultimate. Elex Media Komputrindo.

Ariputri, G. P., & Supraptono, E. (2015). Peningkatan Hasil Belajar English Listening Skill dengan Menggunakan Aplikasi SMARTY WAY Berbasis Android. Edu Komputika Journal, 2(1).

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 2433.

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTs. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 10(1).

Lamada, M. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 14.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 2226.

Putra, R. W. Y., Nurwani, N., Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 97102.

Sasomo, B. (2021). Pengembangan pembelajaran student teams achievement divisions (stad)-virtual melalui breakout room pada aplikasi zoom meeting. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 6574.

Squire, K. (2009). Mobile media learning: Multiplicities of place. On the Horizon.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 916.

Syafril dan Zelhendri Zen. (2019). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Prenada Media.

Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media Pembelajaran Fisika Berbasis M obile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Natural Secience, 5(1), 800809.