Pengembangan Modul Pembelajaran MatematikaMateri Peluang Bernuansa Islami Tingkat SMP Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

aan saputra


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i1.2391

Abstract


Abstrak:Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran matematematika khususnya materi bangun datar dengan berbantuan sebuah produk berbentuk modul materi peluang yang dintegrasikan nuansa islami dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalahReseach and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, angket validasi dan angket respon peserta didik. Proses analisis data dengan angket validasi mendapatkan kriteria layakoleh ahli materi dan agama sedangkan ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak, bedasarkan agket respon peserta didik didapatkan kriteria sangat menarik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika materi peluang yang teritegrasi nuansa islami dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dinyatakan layak dan menarik untuk digunakan.
Kata Kunci:Peluang, Realistic Mathematics Education (RME), Islami

Abstract:This research and development aims to assist students in understanding mathematics learning, especially the flat shape material with the help of a product in the form of an opportunity material module that is integrated with Islamic nuances with a Realistic Mathematics Education (RME) approach. The method used in this research and development is Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. Data collection was carried out through the interview process, validation questionnaires and student response questionnaires. The process of data analysis with a validation questionnaire obtained the "appropriate" criteria by material and religious experts while the material expert obtained the "very feasible" criteria, based on the student response questionnaire the criteria were "very interesting". Therefore, it can be concluded that the mathematics learning module of opportunity material which is integrated with Islamic nuances with the Realistic Mathematics Education (RME) approach is declared feasible and interesting to use.
Keywords:Probability, Realistic Mathematics Education (RME), Islamic


Keywords


Peluang; Realistic Mathematics Education;Islami

Article Metrics :

References


Catrining, L., & Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, VII(2), 120129. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548071

Herdianto, H., Putra, R. W. Y. P., & Anggoro, B. S. (2018). Pengembangan Modul Berbantuan Rumus Cepat. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1730.

Indriani, A.-. (2019). Penggunaan Alat Peraga Matematika Pada Materi Peluang. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 49. https://doi.org/10.31941/delta.v7i1.529

Lestari, D. (2020). Dewi Lestari , Komarudin , Mujib , Mardiyah Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Modul Matematika Berbasis Nilai-Nilai Keislaman .... by Author ( s ). 6(3), 344354.

Maarif, S., Matematika, P., Muhammadiyah, U., Hamka, P., Merdeka, J. T., Rebo, P., & Timur, J. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKS DUNIA ISLAM PADA MATERI ALJABAR SISWA SMP IT / MTS KELAS VII Copyright Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika ( JPPM ) muslim karena matematika adalah bagian dari salah satu ilmu pengetahuan rasio. 3(2).

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177186. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014/1564

Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 7180. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Septyani, R., Salim, A., Rakhmawati, R., & Masykur, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Modul Bilingual Bergambar Berbasis Kewirausahaan Pada Aritmetik Sosial. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 19. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.46

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Maju, 6(1), 101112.

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Merangin. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 524.

Ulya, K., & Hayati, Z. (2020). Perkembangan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa melalui Pengintegrasian Nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 171187. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17374

Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 157165. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588