PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM CREATING SETTING PEER LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Ratih Puspasari


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.218

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran problem creating setting peer learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp. Model pengembangan ini terdiri dari 3 tahap, yaitu: (1) prelimenary research (penelitian awal); (2) prototyping phase (fase pengembangan); (3) assessment phase (fase penilaian). Subjek penelitian melibatkan 45 siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. Hasil penelitian adalah sintaks model pembelajaran yaitu: (1) menentukan tujuan pembelajaran matematika; (2) menentukan konteks masalah; (3) menciptakan masalah; (4) pengajuan masalah oleh siswa; (5) mengantisipasi jawaban siswa; (6) menerapkan dan merefleksi. Berdasarkan penilaian dari validator dan guru, model dan instrumen yang dikembangkan sudah valid dan dapat diterapkan.

Keywords


problem creating, berpikir kreatif, geometri

Full Text:

PDF

References


Barlow T, Angela, 2010. Teaching Children Mathematics, Building Word Problems What Does It Take. Amerika: NCTM 17 (3)

Berman, S. 2001. “Thinking in context: Teaching for Open-mindeness and Critical Understanding†dalam A/L Costa (Ed.) (2001). Developing Minds. A resource book for teaching thinking. 3 rd Edition. Assosiation for supervision and curriculum development. Virginia USA

Dickut, J. E. (2007). A Brief Reviewof Creativity . (online ) Tersedia://deseretnews.com/dn/view/0,1249,510054502,00.html diakses 25 Maret 2016

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Hutabarat, Juandi. 2013. Penerapan Teori Van Hiele dalam Geometri, (Online), tersedia http://juandip17.blogspot.co.id/), diakses 26 Desember 2015

Johnson & Johnson. 1994. Cooperative Learning In The Classroom. Virginia, Associaton for Supervision And Curriculum Development

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics .Reston, Va.: NCTM.

Parta, I N. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Penghalusan Pengetahuan Matematika Mahasiswa Calon Guru Melalui Pengajuan Pertanyaan desertasi tidak dipublikasikan. Surabaya:PPs UNESA.

Plomp, Tjeerd.2010. Educational Design Research: An Introduction. Dalam Tjeerd Plomp & N. Nieveen (Eds). An Intro An Introduction To Educational Design Research. Enschede: Netherlands institute for curriculum development.

Polya, George, 1994, How To Solve It 2nd ed. New Jersey : Princeton University Press

Purwanto, Endro. 2013. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran. Universitas Negeri Problem Creating Materi Perbandingan Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tulungagung. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang Malang

Rohim, dkk. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1 (1):1-5

Saefuddin, A.A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonasia (PMRI). Universitas PGRI Yogyakarta, Vol 4, No. 1. Hal. 41.

Shimada, S. & Becker, P., 1997. The Open-Ended Aprproach: A New Proposal for Teaching Mathematics. New York:NCTM

Siswono, Tatag Y.E. 2005. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa University Press

Siswono, Y.E.T. (2004). Identifikasi Proses Berpikir Kreatif dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika. Berpandu dengan model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS). Jurusan Matematika FMIPA Unesa. Seminar nasional pendidikan matematika

Suwarno, 2013. Penerapan Pembelajaran Problem Creating Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pytagoras Siswa Kelas VIII D. SMP Negeri 2 Blitar. Tesis. Malang. Universitas Negeri Malang

Syukur N.C.F. (2005). Teknologi Pendidikan. Semarang: Walisongo Press. Syukur N.C.F. (2005). Teknologi Pendidikan. Semarang: Walisongo Press.


Article Metrics :

Abstract view : 144 times

PDF View : 149 times

About The Author :

Ratih Puspasari Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung (Indonesia)