PENGARUH SIKAP BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sulani Sulani
Richo Hasta Palupi


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.199

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap belajar dan peran orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Sikap belajar adalah kecenderungan yang ditunjukkan siswa ketika mengikuti proses pembelajaran, sedangkan peran orang tua adalah segala hal yang dilakukan orang tua sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pendidikan anaknya. Berdasarkan uji regresi sederhana, diperoleh Fhitung untuk pengaruh X1 terhadap Y sebesar 22,344 dan pengaruh X1 terhadap Y sebesar 14,527, sedangkan nilai FTabel = 4,001. Berdasarkan uji regresi ganda, diperoleh Fhitung untuk pengaruh X1 dan X2 terhadap Y sebesar 16,5, sedangkan nilai FTabel = 3,153. Karena hasil analisis uji regresi sederhana dan ganda menunjukkan Fhitung > Ftabel, maka dapat diambil kesimpulan bahwa baik secara sederhana maupun secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap belajar dan peran orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Campurdarat Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.

Keywords


sikap belajar, peran orang tua, prestasi belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ahmadi, A. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Asmani, J, M. 2009. Mencetak Anak Genius. Jogjakarta: Diva Press

Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Subandi, U. 2009. Pengelolaan Pondok Pesantren, Strategi belajar mengajar & Prestasi Belajar. Media Pendidikan. Volume XXIV, Nomor 1, April 2009. 96

Subini, N. dkk. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka

Sujarweni, V, W. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Uno, H, B. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Walgito, B. 1994. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset