PROFIL PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

Dian Septi Nur Afifah


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.198

Abstract


Penelitian bertujuan mendeskripisikan profil pengajuan masalah siswa berdasarkan gaya kognitif Field Independent (FI) dan field dependent (FD ). Subjek penelitian adalah 1 siswa yang bergaya kogntif FI dan 1 siswa yang bergaya kognitif FD. Hasil analisis adalah: Profil pengajuan masalah oleh subjek FI: semua respon merupakan soal matematika yang bersumber dari informasi verbal; semua soal dapat terpecahkan, sudah ada soal dengan tingkat kesulitan tinggi, namun umumnya soal dengan tingkat kesulitan sedang; beragam; umumnya memuat data baru. Ditinjau dari segi sintaksis: kualitas soal tergolong ketegori tinggi. Ditinjau dari segi semantik: kualitas soal tergolong ketegori tinggi. Profil pengajuan masalah oleh subjek FD: ada respon yang merupakan pertanyaan non-matematika, dan respon lainnya adalah soal matematika yang bersumber dari informasi verbal; ada soal yang tidak dapat terpecahkan, sudah ada soal dengan tingkat kesulitan tinggi; kurang beragam; umumnya tidak memuat data baru. Ditinjau dari segi sintaksis: kualitas soal tergolong ketegori tinggi. Ditinjau dari segi semantik: kualitas soal tergolong kategori sedang.

Keywords


gaya kognitif, field independent-field dependent, pemecahan matematika. PENDAHULUAN Salah satu cara yang mungkin bisa diupayakan untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas adalah mengoptimalkan peran guru dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilaku

Full Text:

PDF

References


Ardana, I Made. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Konstruktivis Yang Berorientasi Pada Gaya Kognitif Dan Budaya Siswa. Surabaya. Disertasi PPS Unesa.

Mallala, Syamsuddin. 2003. Pengaruh Gaya Kognitif Dan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SMU Di Kota Samarinda. Tesis: Unesa.

Meizun, Dewi. 2009. Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent . Surabaya. Tesis PPS Unesa.

Muiz, A. 2008. “Profil Pengajuan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dan Genderâ€. Tesis . PPs UNESA Surabaya.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahman, A. 2010. “Profil Pengajuan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Siswaâ€. Disertasi. PPs UNESA Surabaya.

Siswono, T.Y.E,. 1999. Analisis Hasil Tugas Pengajuan Soal oleh Siswa Madrasah Tsnanawiyah Negeri Rungkut Surabaya. Makalah komprehensif. PPs Unesa Surabaya

Siswono, T.Y.E,. 1999. Metode Pembelajaran Tugas Pengajuan Soal (problem posing) dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perbandingan di MTs Negeri Rungkut Surabaya. Tesis. PPs Unesa Surabaya

Siswono, T.Y.E,. 2002. Jurnal Nasional “MATEMATIKA, Jurnal Matematika atau Pembelajarannyaâ€, Tahun VIII. ISSN: 0852-7792, Universitas Negeri Malang Konferensi Nasional Matematika XI, 22-25 Juli 2002.

TuÄŸrul, K. 2010. The Relation between The Problem Posing and Problem Solving Skills of Prospective Elementary Mathematics Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences Volume 2, Issue 2, Pages 1577-1583.

Woolf, P.B 2008. Intelligent Tutoring Systems: 9th International Conference, ITS 2008: Montreal. Canada

Wikipedia (online) http://id.wikipedia.org/wiki/Sintaksis, diakses tanggal 2 Desember 2011

Witkin, H., & Goodenough, D. 1981. Cognitive styles: Essence and origins. New York: International Universities Press.

Witkin, H.,& Moore, C. 1978. Cognitive style and the teaching-learning process. Paper Presented at the annual meeting the American Education Research Association, Chicago.


Article Metrics :

Abstract view : 408 times
PDF View : 376 times