ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Muhammad Ilman Nafi'an

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan kognitif yang dimiliki siswa secara lengkap dan terstuktur dalam memecahkan masalah yang timbul dalam matematika yang menggunakan sebuah tes yang disebut tes superitem. Penggunaan tes ini sebagai pilihan alternatif untuk mempersingkat waktu guru dalam melakukan penilaian di kelas, dengan mengidentifikasi tingkatan kemampuan ranah kognitif siswa yaitu mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, kreasi. Digolongkan kembali level kemampuan siswa menurut 5 tingkatan penalaran taksonomi SOLO prastuktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan abstrak diperpanjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Khadijah Surabaya. Subjek penelitian dipilih berdasarkan data nilai ulangan selama pembelajaran dikelas serta tingkat keaktifannya, maka diperoleh 1 siswa dengan rata- rata tinggi, 1 siswa rata- rata rendah.

Keywords


kemampuan kognitif, memecahkan masalah matematika, solo

Full Text:

PDF

References


Djumata, Wahyudi. 2006. Matematika untuk kelas IX. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Fisher, A. 2007. Berpikir Kritik. Jakarta: Erlangga.

Haryati, Mimin. 2007. Model dan teknik penilaian pada tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Gaun Persada Press.

Solso, R dkk. 2007. Psikologi Kognitif edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&G. Bandung: Alfabeta

Masykur, M. 2007. Mathematical Intelegence. Yogyakarta: AR Ruzz Media.

Ellis, Jeanne. 2008. Psikologi Pendidikan edisi ke enam. Jakarta: Erlangga.

Ansori, Soemardji. 2009. Metode penelitian kualitatif. Penerbit: UNESA University Press.

Mifta. 2011. Kemampuan Kognitif Menurut Taksonomi Bloom. Jurnal Theory into Practice. 6 desember, 11:53 PM.

Zakiyah. 2012. Pengertian Taksonomi Solo. Jurnal Taksonomi Piramidal Bloom. 28 Januari.

Masbied. 2012. Superitem tes;an Alternative tool to asses student algebraic solving. Jurnal Pendidikan Matematika. http.www.jurnal pendidikan masbied.com.




DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika



JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Bhinneka PGRI 

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.