PENGARUH PROGRAM INTERAKTIF GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GRAFIK PERSAMAAN GARIS LURUS

Umi Farihah


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.190

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program interaktif Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik persamaan garis lurus di kelas VIII MTsN Kampak Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan jumlah siswa kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan pretes, postes dan angket motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji z. Hasil analisis data dengan uji z pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa yang menggunakan program interaktif Geogebra lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak menggunakan Geogebra (2) hasil belajar siswa yang menggunakan program interaktif Geogebra lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan Geogebra. Hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan program interaktif Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan Geogebra. Jadi Geogebra dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Keywords


geogebra, motivasi, hasil belajar, grafik persamaan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Aspinwall, L., Shaw, K. L., & Presmeg, N. 1997. Uncontrollable mental imagery: Graphical connections between a function and its derivative. Educational Studies in Mathematics, 33, 301-317.

Astuty, V.W.D & Rudhito, M. A. 2012. Penggunaan Program GeoGebra dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII E SMPN 1 Nanggulan Kulon Progo Pokok Bahasan Grafik Garis Lurus pada Pembelajaran Remidial. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Borba, M. C., & Villarreal, M. E. 2005. Visualization, mathematics education and computer environments. In B. S. Jones, & R. Z. Smith (Eds.), Humans-with-Media and the Reorganization of Mathematical Thinking (pp.89). New York: Springer.

Darmansah, Budi. 2014. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Brain-Based Learning Berbantuan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika terhadap Conseptual and Prosedural Knowledge Siswa SMA. Tesis tidak dipublikasikan. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Gumanti, Sri. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Visual Thinking Siswa SMA. Tesis tidak dipublikasikan. Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hohenwarter, M., et al. 2008. Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. Diakses tanggal 10 Oktober 2014 dari http://www.publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf.

Hohenwarter, M. & Fuchs, K. 2004. Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. Diakses tanggal 10 Oktober 2014 dari .geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf.

Hudoyo, H. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Krulik, S., Rudnick, J., Milou, E. 2003. Teaching Mathematics in Midle Schools. A Practical Guide. Boston: Pearcson Education, Inc.

Lavicza. Z. 2006. Factors Influencing The Integration of Computer Algebra System into University-level matematics education. International Journal for Technologi in Matematics Education. 14 (3)

Mairing, J. P. 2013. Pembelajaran Matematika Saat Ini? Makalah disajikan dalam seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya di Universitas Airlangga Surabaya, Tanggal 21 September 2013.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA.

Skemp, R. R. 1982. The Psychology of Learning Mathematics. Harmonsworth: Pinguin Books, Ltd.

Suherman, E.,dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Pendidikan FPMIPA UPI.

Sutawijaya, A. & Afgani, J. D. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widyaningrum, Y.T. & Murwanintyas, C.E. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran GeoGebra terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Zerrin & Sevinc. 2010. The Effect of The GeoGebra Use in Mathematics Education: a Case Study on Integers in Turkey. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2014 dari geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf.