PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI EKPERIMENTASI METODE MIND MAPPING DAN METODE MNEMONIC DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MEMORI SISWA

Maylita Hasyim
M. Joang Equator Sudjono


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.189

Abstract


Dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran matematika diperlukan faktor kemampuan memori yang berkenaan dengan daya ingat seseorang dan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif. Penelitian ini mengkaji perbandingan hasil belajar matematika berdasarkan metode mind mapping dan metode mnemonic ditinjau dari kemampuan memori siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas eksperimen dari seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besuki. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan. Hasil analisis menyimpulkan: 1) Ada perbedaan hasil belajar matematika dengan meng-gunakan metode mind mapping dan metode mnemonic. Metode mind mapping mempunyai hasil belajar lebih baik daripada metode mnemonic; 2) ada perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan tingkat kemampuan memori. Siswa yang memiliki kemampuan memori tinggi mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan memori sedang dan rendah; dan 3) ada perbedaan hasil belajar matematika antara metode mind mapping dan metode mnemonic ditinjau dari kemampuan memori.

Keywords


mind mapping, mnemonic, kemampuan memori, hasil belajar, anava dua jalan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak : Agar Anak Mudah Menghafal dan Berkonsentrasi. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map untuk Anak : Agar Anak Lulus Ujian dengan Nilai Bagus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

SGM, Mr. 2008. Super Great Memory. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stine, Jean Marie. 2002. Double Your Brain Power. Meningkatkan Daya Ingat Anda dengan Menggunakan Seluruh Otak Anda.Gramedia. Jakarta.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Turkington, Carol. 2005. Cara Mudah Memperbaiki Daya Ingat. Terjemahan Kandiana Ari M. Platinum.Depok.

Yoto dan Rahman.2001. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.