Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Pola Bilangan

Elina Agustin, Atik Wintarti

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini semakin pesat, salah satunya smartphone berbasis Android dimana telah banyak digunakan siswa dalam pembelajaran. Untuk memaksimalkan penggunaan smartphone berbasis Android dalam pembelajaran, dapat memanfaatkannya menjadi media pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang memanfaatkan smartphone yaitu pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada materi Pola Bilangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada materi Pola Bilangan dengan model ADDIE untuk menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas baik berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 9 siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi media pembelajaran, angket respon pengguna, dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan berkualitas baik. Media pembelajaran memenuhi kriteria valid diperoleh dari rata-rata nilai validasi oleh validator pakar materi dan validator pakar media berturut-turut adalah 3,47 dan 3,60 dari nilai maksimal 4. Media pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil respon pengguna dalam menggunakan mobile learning menunjukkan kategori sangat baik dengan persentase sebesar 92,75%. Media pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan tes hasil belajar menunjukkan sebanyak 88,89% subjek ujicoba mendapat nilai  75 (KKM).

Kata Kunci: media pembelajaran, mobile learning, pengembangan, pola bilangan.


Keywords


media pembelajaran; mobile learning; pengembangan; pola bilangan

Full Text:

PDF

References


Ariputri, G., & Supraptono, E. (2015). Peningkatan Hasil Belajar English Listening Skill Dengan Menggunakan Aplikasi “Smarty Way” Berbasis Android. Edu Komputika Journal, 2(1 SE-Articles). https://doi.org/10.15294/edukomputika.v2i1.7834

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran Edisi Revisi. PT Raja Grafindo Persada.

Juliant, A., & Noviartati, K. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan, Vol. 2, No(2), 113.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research.

Rahayu, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Pola Bilangan di SMP Negeri Remban Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. MIPA Publiser, 1–8.

Riduwan, S. (2012). Pengantar Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Rotondi, V., Stanca, L., & Tomasuolo, M. (2017). Connecting alone: Smartphone use, quality of social interactions and well-being. Journal of Economic Psychology, 63, 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.joep.2017.09.001

Satyaputra, A. (2016). Let’s build Your Android Apps with Android Studio. PT Elex Media Komputindo.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2 SE-Articles). https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8, 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Squire, K. (2009). Mobile media learning: multiplicities of place. On the Horizon, 17, 70–80. https://doi.org/10.1108/10748120910936162

StatCounter. (2020). Mobile Operating System Market Share in Indonesia.

Sugiyati. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 227–241.

Susilana, R. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfataan dan Penilaian. CV Wacana Prima.

Sutarsih, R. (2018). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2018. Badan Pusat Statistik.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, 979, 1–8.




DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.1860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Elina Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.