Google Meet dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS-3 SMAN 1 Tawangsari

Miftahul Hilmi Hasanah, Andhika Ayu Wulandari, Nur Rusidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan metode daring menggunakan google meet  pada peserta didik kelas XII IPS 3  SMAN 1 Tawangsari, yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari  empat tahapan pada masing-masing siklus. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner pelaksanaan kelas daring yang diberikan kepada siswa melalui google form. Berdasarkan pengamatan data setelah dilaksanakannya pembelajaran daring melalui google meet ini pada siklus I diperoleh skor rata-rata 88,58 yang termasuk kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 88,76 yang termasuk kategori tinggi. Jadi  hasil pengamatan respon siswa pada siklus I dan siklus II diperoleh hasil bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,18. Jadi diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaraan matematika dengan menggunakan google meet dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulan ini didasarkan pada 75% siswa sudah mempunyai motivasi belajar yang tinggi, dan rata-rata skor motivasi belajar siswa sudah mengalami peningkatan yaitu sebesar 88,76 atau dalam kategori tinggi. Karena kriteria sudah tercapai maka pada siklus II penelitian dihentikan.

Keywords


Google Meet;Pembelajaran Daring;Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro Vokasional, 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index

Hasanah, R. U., Murni, A., & Yuanita, P. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Iis 1 Sman 10 Pekanbaru Dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan. 1–13.

Manuhutu, S. (2015). Analisis Motivasi Belajar Internal Siswa Program Akselerasi Kelas Viii Smp Negeri 6 Ambon. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 104–115. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.147

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi Quiziz pada masa pencegahan penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.

Sahara, R. W., & Kristiana, D. (2017). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT. BMC Public Health, 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA KONSEP GERAK LURUS. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 11–18.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13–21. https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161

Umairah, P. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan “ Google Classroom ” Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips 4 Sman 1 Bangkinang Kota. Journal On Education, 02(03), 275–285.

Wijayanto, A., Yunis, S., Ari, B., Kurniawan, W., Rahadian, A., Amiq, F., Ika, A., Joan, N., Andrianto, R., & Baun, A. (2020). eBook B Strategi Pembelajaran PJKR selama Covid19.

Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran relasi rekurensi. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 54–64. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14263




DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.1828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Miftahul Hilmi Hasanah, Andhika Ayu Wulandari, Nur Rusidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.