PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Putri Tiya Fitri Agustin
Setyo Hartanto


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1782

Abstract


Tingkat kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor ekternal maupun internal. Beberapa faktor internal tersebut adalah minat belajar dan kecemasan matematis. Dari uraian tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah secara parsial dan simultan.penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel merupakan 88 siswa kelas VIII yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyatakan:1) terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah; 2) terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah; dan 3) terdapat pengaruh secara simultan antara minat belajar dan kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah

Keywords


kecemasan; kemampuan pemecahan; minat belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. ISSN 2355-4185. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Sugiatno, Priyanto, D., & Riyanti, S. (n.d.). Tingkat dan faktor kecemasan matematika pada siswa sekolah menengah pertama, (4), 112.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi Dalam Pemecahan Masalah Matematika (Syahlan) ISSN 2407-8530. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6).

Tiurma, L., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan Pembelajaran Multimedia Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Prestasi Dan Minat Belajar Matematika Di SMA Lisner Tiurma dan Heri Retnawati. Jurnal Kependidikan, 44(2), 175187.

Utami, N. S., & Fuadiah, N. F. (2018). Nurhayati Sri Utami , Nyiayu Fahriza Fuadiah Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Vol . 4 Edisi Dies Natalis XXXII 2018 Tingkat Kecemasan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika STKIP PGRI Banjarmasin Vol . 4 Edisi. Jurnal Penddidikan Matematika, 4, 327335.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecaha Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya Oleh. Seminar Nasioanal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 111. https://doi.org/10.1186/s12906-018-2126-8

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).