ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Siti Napfiah


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1781

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field-dependent dan field-independent pada siswa kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Pogalan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang dikelompokkan berdasarkan gaya kognitif menggunakan instrumen Group Embedded Figures Test (GEFT), dengan rincian tiga siswa field-independent dan tiga siswa field-dependent. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif melalui pemecahan masalah matematika dikelompokkan berdasarkan karakteristik berpikir kreatif, yaitu kefasihan, fleksibelitas dan kebaruan. Tingkat kreativitas atau disebut Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) dikategorikan menjadi 5 tingkatan, yaitu TKBK 4 (sangat kreatif), TKBK 3 (kreatif), TKBK 2 (cukup kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif), dan TKBK 0 (tidak kreatif). Tingkat kreativitas yang dapat diidentifikasi dalam penelitian ini adalah dua siswa field-independent dinyatakan sangat kreatif (TKBK 4) dan satu siswa dinyatakan kreatif (TKBK 3). Untuk siswa field-dependent, tingkat kreativitas yang dapat diidentifikasi adalah dua siswa cukup kreatif (TKBK 2) dan satu siswa dinyatakan kurang kreatif (TKBK 1). Hasil ini menunjukkan bahwa siswa field-independent cenderung memiliki kreativitas lebih tinggi dibanding siswa field-dependent dalam pemecahan masalah matematika.


Keywords


Berpikir Kreatif; Gaya Kognitif; Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Agustina, W., & Noor, F. (2016). Hubungan hasil belajar dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. math didactic: jurnal pendidikan matematika, 2(3), 191200. Diambil darihttp://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/111/96

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa Sma Dalam Field Independent Dan Field Dependent. pedagogia, 2(1), 7183. Diambil darihttps://www.reserachgate.net/publication/309470856_proses_berpikir_siswa_SMA_dalam_memecahkan_masalah_matematika_materi_turunan_ditinjau_dari_gaya_kognitif_field_independent_dan_field_dependent

Purnomo, R. C., Sugiarti, T., & Unej, U. J. (2017). Profil Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent ( FI ) dan Field Dependent ( FD ) Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 12 Jember Profile of Creativity in Mathematics Problem Solving Based on Field Independent (. JURNAL EDUKASI, 2(IV), 914. Diambil dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5203

Muliawati, NE. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2)

Richardo, R., Retno, D., & Saputro, S. (2014). MATEMATIKA DIVERGEN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA ( Studi Pada Siswa Kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 141151. Diambil darihttp://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3912

Sujadi, I., & Kusmayadi, T. A. (2014). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Dari Gaya Kognitif Siswa ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012 / 2013 ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 2943. Diambil darihttps://www.google.com/search?q=Proses+Berpikir+Kreatif+Siswa+Smp+Dalam+Pengajuan+Masalah+Matematikaditinjau+Dari+Gaya+Kognitif+Siswa&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b

Zubadi, I., & Sari, A. F. (2017). No Tprofil Pemecahan Masalah (Pisa) Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependence Dan Field Independence. jurnal edukasi, 3(1), 3950. Diambil dari http://jurnal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/je/article/view/82