ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field-dependent dan field-independent pada siswa kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Pogalan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang dikelompokkan berdasarkan gaya kognitif menggunakan instrumen Group Embedded Figures Test (GEFT), dengan rincian tiga siswa field-independent dan tiga siswa field-dependent. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif melalui pemecahan masalah matematika dikelompokkan berdasarkan karakteristik berpikir kreatif, yaitu kefasihan, fleksibelitas dan kebaruan. Tingkat kreativitas atau disebut Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) dikategorikan menjadi 5 tingkatan, yaitu TKBK 4 (sangat kreatif), TKBK 3 (kreatif), TKBK 2 (cukup kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif), dan TKBK 0 (tidak kreatif). Tingkat kreativitas yang dapat diidentifikasi dalam penelitian ini adalah dua siswa field-independent dinyatakan sangat kreatif (TKBK 4) dan satu siswa dinyatakan kreatif (TKBK 3). Untuk siswa field-dependent, tingkat kreativitas yang dapat diidentifikasi adalah dua siswa cukup kreatif (TKBK 2) dan satu siswa dinyatakan kurang kreatif (TKBK 1). Hasil ini menunjukkan bahwa siswa field-independent cenderung memiliki kreativitas lebih tinggi dibanding siswa field-dependent dalam pemecahan masalah matematika.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agustina, W., & Noor, F. (2016). Hubungan hasil belajar dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. math didactic: jurnal pendidikan matematika, 2(3), 191200. Diambil darihttp://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/111/96
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa Sma Dalam Field Independent Dan Field Dependent. pedagogia, 2(1), 7183. Diambil darihttps://www.reserachgate.net/publication/309470856_proses_berpikir_siswa_SMA_dalam_memecahkan_masalah_matematika_materi_turunan_ditinjau_dari_gaya_kognitif_field_independent_dan_field_dependent
Purnomo, R. C., Sugiarti, T., & Unej, U. J. (2017). Profil Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent ( FI ) dan Field Dependent ( FD ) Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 12 Jember Profile of Creativity in Mathematics Problem Solving Based on Field Independent (. JURNAL EDUKASI, 2(IV), 914. Diambil dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5203
Muliawati, NE. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2)
Richardo, R., Retno, D., & Saputro, S. (2014). MATEMATIKA DIVERGEN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA ( Studi Pada Siswa Kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 141151. Diambil darihttp://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3912
Sujadi, I., & Kusmayadi, T. A. (2014). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Dari Gaya Kognitif Siswa ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012 / 2013 ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 2943. Diambil darihttps://www.google.com/search?q=Proses+Berpikir+Kreatif+Siswa+Smp+Dalam+Pengajuan+Masalah+Matematikaditinjau+Dari+Gaya+Kognitif+Siswa&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b
Zubadi, I., & Sari, A. F. (2017). No Tprofil Pemecahan Masalah (Pisa) Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependence Dan Field Independence. jurnal edukasi, 3(1), 3950. Diambil dari http://jurnal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/je/article/view/82