PENGARUH KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS, KONEKSI MATEMATIS, DAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Laylatul Fitri
Maylita Hasyim


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1778

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1)menganalisis adanya pengaruh kemampuan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan maalah matematika, 2) menganalisis adanya pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, 3) menganalisis adanya pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 4) menganalisis adanya pengaruh secara simultan antara kemampuan disposisi matematis, kemampuan koneksi matematis, dan kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan instrument nya berupa angket dan tes. Populasinya adalah kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pakel dan sampel terpilih kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adanya pengaruh kemampuan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) adanya pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 3) adanya pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 4) adanya pengaruh secara simultan antara kemampuan disposisi matematis, kemampuan koneksi matematis, dan kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.


Keywords


Koneksi; Disposisi; Reasoning; Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan ISBN 978-602-70216-1-7, 1(1). https://doi.org/10.3917/rsi.100.0107

Anisah, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Elemen, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4832

Badjeber, R. (2017). Asosiasi kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan koneksi matematis siswa smp dalam pembelajaran inkuiri model alberta. JPPM, 10.

Bernard, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Jurnal Edusentris, 3(1).

Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). hubungan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP Megeri 24 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01.

Fadhilaturrami. (2018). pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa sekolah dasar, 2(23).

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. EduSains, 4(December 2016).

Fitria, C., & Siswono, T. Y. E. (2014). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis, Dan Phlegmatis). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3).

Kandaga, T. (2017). penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa SMA, 07(April).

Muliawati, N.E. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2).

Puspitasari, E. (2017). Pengaruh disposisi matematis dan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 8.

Romli, M. (2017). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan Sma Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1.

Siagian, M. D. (2016). kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Pendidikan Matematika, 5(April). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.239.g244

Wanabuliandari, S. (2017). Peningkatan Disposisi Matematis Dengan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Thinking Aloud Pairs Problem Solving (Tapps) Berbasis Multimedia. Refleksi Edukatika, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.605