PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA MATERI ALJABAR KELAS VII

Titon Agung Saputro
Kriswandani Kriswandani
Novisita Ratu


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1775

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran game edukasi berbasis platform game untuk siswa kelas VII SMP. Penelitan ini menggunakan desain penelitian Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, kuesioner dan tes. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah aplikasi game platform dengan materi aljabar. Dampak dari media pembelajaran game edukasi platform game adalah media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada uji Mann-Whitney dengan nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti terdapat perbedaan rerata sebelum dan sesudah pemberian media pembelajaran game edukasi berbasis platform game atau terdapat pengaruh game edukasi platform game pada materi aljabar terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, nilai N-Gain yang diperoleh adalah 0,49 yang berarti terjadi peningkatan sedang terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


aljabar; game edukasi; media pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Sudrajat, Akhmad. 2008. Media Pembelajaran.(online). (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/konsep-mediapembelajaran/). Diakses tanggal 10 januari 2018 pukul 18.30

Samani, Muchlas. 2007. Menggagas Pendidikan Bermakna: Integrasi Life Skill-KBK-CTL-MBS. Surabaya: Penerbit SIC.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholikhin, Miftachus dan Kemal Farouq M. 2012. Game Pazz-Puzz Dengan Construt 2. Lamongan: Jurnal Teknika Universitas Islam Lamongan. Vol.6, No.1

Adiwijaya, Mohamad, Kodrat Imam S Dan Yuli Christyono. 2015. Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Semarang: Jurnal Transient Universitas Diponegoro Semarang. Vol.4, No.1:128-133

Thomas, Drew. 2014. Creating a Mathematics Game Using Construct 2. Victoria: The Journal Of Digital Learning and Teaching Victoria. Vol.1, No.1:77-79