PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK DAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

Riska Pantriyastuti
Muhammad Ilman Nafi'an
Ria Fajrin Rizky Ana


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v3i2.1773

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick dan model pembelajaran tipe Mind Mapping pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Tunggangri Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian adalah menggunakan penelitian kuantitatif kelas eksperimen. Validitas instrumen tes dengan cara mengkorelasikan antara skor item dengan rumus  Pearson Product Moment, Validitas instrumen dengan cara reliabilitas digunakan rumus Alpha. Analisis data dengan uji keseimbangan, uji prasarat, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa thitung ? ttabel yaitu 6,566 ? 1,991 yang berarti bahwa H ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa kemampuan matematika siswa kelas kontrol lebih baik daripada kelas eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan kemampuan matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick dan Mind Mapping pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Tunggangri Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keywords


Kemampuan Matematika; talking Stick; ind Mapping

Full Text:

PDF

References


Akinsola and Olowojaiye, F. B. 2008. Teacher Instructional Methods and Student Attitudes Towards Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education. 60-73.

Alya, Qonita. 2009. Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Indah Jaya Adipratama.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.

Budiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Gutomo Wibi Ananggih Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Logika Matematika Pada Siswa Kelas X 2 SMA Negeri 1 Garum”. Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Juli 2013.

Hasanah. Diah Laili. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Aljabar. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Huda Miftahul, M.Pd. 2013. Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni, 2010. Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta.

I Pratidina dkk. / Journal of Mathematics Education 1 (1) (2012). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ jme. Journal Online Diakses tanggal 5 Februari 2017.

Iwan Sugiarto. 2009. Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika 1. Semarang: FMIPA UNNES.

Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.

Ryan. 2013. The Sclarship of Teaching and Learning within Action Researh: Promise and Possibilities. i. e.: inquiry in education: Vol. 4: Iss. 2, Article 3. Retrieved from: http://digitalcommons.ni.edu-/ie/vol4/iss2/3.

Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sigit Pamungkas Prodi Magister Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta melalui Jurnal Elektronik Pembelajaran

Matematika. http://jurnal.fkip.uns.ac.id. Diakses tanggal 18-01-2017.

Slavin. 1995. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi. 2007. Pemanfaatan Ict Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 1, Maret 2017, 83-98.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wikipedia (2011). Mind Map. [online] Tersedia:http://en.wikipedia.org/wiki/mind_map. [1 Februari 2017].


Article Metrics :

Abstract view : 36 times
PDF View : 23 times