EKSPERIMENTASI METODE GASING BERBASIS APLIKASI REFUN GAME GADGET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Siti Jamilatul Khasanah
Dewi Patmalasari
Siti Komariyah


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i2.1769

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki oleh siswa sekolah menengah pertama (SMP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran gasing berbasis aplikasi refun game gadget terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan metode tes tulis. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Gasing berbasis aplikasi Refun game gadget terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika


Keywords


pemecahan masalah; metode gasing; refun game

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


R. Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: konstantasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2000, pp 3.

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2005, pp 47.

George Polya, Part I. In The Classroom, How to Solve It New, 2nd ed, Jersey: Princeton University Press, 1985, pp 9.

Sujono, Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah, Jakarta: Ditjen P2LPTK, 1988.

E. T. Ruseffendi, Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru, Bandung: Tarsito, 1991

Y. Surya, Matematika Asyik, Mudah, dan Menyenangkan, Tangerang: PT Kandel, 2011, pp 1-2.

Anne Sirait, Pendidikan Calon Guru Berkualitas, Buletin STKIP Surya Suryakanta, Edisi 1 Volume 2, pp 7, 2013.

Hermawan Syarif, Keefektifan Metode Matematika Gasing, tidak dipublikasikan.

Rusli P. D. Kolnel, Rully Charitas Indra Prahmana, Samsul Arifin, Pengaruh Pembelajaran Matematika Gasing pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama, Vol. 2, pp 62-68, April. 2015