PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan Impulsif kelas VIII C MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan 2 subjek penelitian. Data dalam penelitian ini adalah Matching Familiar Figure Test (MFFT) yang sudah dimodifikasi oleh Warli (2010), tes berpikir kreatif, dan wawancara. Analisis tes berpikir kreatif mengacu pada tiga indikator, yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan serta penilaian berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa reflektif dikategorikan sangat kreatif karena mampu memahami masalah, menggunakan strategi yang jelas dan membuat gambar dengan tepat, menunjukkan kemampuan berpikir kreatif (kefasihan, fleksibilitas, kebaruan), serta membuat kesimpulan dan memeriksa kembali jawabannya, (2) siswa impulsif dikategorikan tidak kreatif karena tidak menunjukkan langkah pemecahan masalah yang tepat dan tidak menyelesaikan tugas penyelesaian masalah atau memberikan jawaban salah.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Anifah, Nurul Rizki. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kratif Siswa SMP Kelas VII ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Materi Segiempat. Semarang: UNNES.
Anselm Straus dan Juliet Corbin. 2013. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksar
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Flick. (2002). An Introduction to Qualititative Research. London: Sage Publication.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press
Muallifah. 2009. Psycho Islamic Smart Parenting. Jogyakarta: DIVA Press.
Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Siswono, T. Y. E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Surabaya: Unesa Press.
Siswono, Tatag.Y.E. 2008. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa Unipress.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2010. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Warli. 2013. Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Implusif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Nomer 2 Oktober 2013.
Wowo, Sunaryo. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rodayakarya
Zuriah Nuzul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara