PENERAPAN (GUIDED INQUIRY) PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran guided inquiry yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Rowokangkung yang berjumlah 24 orang. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi (pengamatan). Kesimpulan dari penelian ini adalah adanya peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II. Adapun peningkatan yang dimaksud meliputi: a) terdapat peningkatan aktifitas guru yaitu dari 73,02% menjadi 85,71%, b) terdapat peningkatan aktifitas siswa yaitu dari 51,04% menjadi 68,29%, c) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 70,24% menjadi 87,65%, d) terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu dari 66,67% menjadi 87,50%,
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chodijah, Siti dkk. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, (Online), 1: 1-19, (http://storage.kopertis6.or.id), diakses 12 Desember 2016.
Cooney, T.J. Davis, E. J. dan Henderson, K.B. (1975). Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Mifflin Company.
Degeng. I. N. (1997). Strategi Pembelajaran Mengorganisasikan Isi dan Elaborasi. Malang: IKIP Malang
Even R.; Ball, D.L. (2009). Setting the stage for the ICMI study on the professional education and development of teachers of mathematics. Pada Even R.; Ball, D.L. (Eds). The Professional Education and Development of Teachers of Mathematics. New York: Springer
Khairunnisa. 2013. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMPN 3 Paringin Pada Materi Pokok Cahaya Melalui Pendekatan Guided Inquiry. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, (Online), 4(1): 71-78,(http://id.portalgaruda.org/article.php?article=443881&val=9344), diakses 12 Desember 2016 .
Kuhlthau, Carol C., Leslie K. Maniotes & Ann K. Caspari. 2007. Guided Inquiry: Learning in the 21st Century, (Online), (http://dlx.bookzz.org/genesis/607000/919a295ed6c6f03f968ad5d69f65670b/_as/%5BCarol_C._Kuhlthau,_Leslie_K._Maniotes,_Ann_K._Cas(BookZZ.org).pdf), diakses 15 Nopember 2016.
Madya, Suwarsih. 2011. Teori Dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.
Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd Ed). Princeton: Princeton University Press.
Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematikau ntuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sefriyan, Dani dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Gadingrejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013). Jurnal Pendidikan Matematika, (Online) 2(1): 29-36, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=287836&val=7232&title=Pengaruh%20Penerapan%20Metode%20Inkuiri%20Terbimbing%20Terhadap%20Motivasi,%20Aktivitas,%20dan%20Hasil%20Belajar%20Siswa), diakses 12 Desember 2016.
Shadiq, F. (2010). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika SMKpada Pembelajaran Matematika yang Mengacu pada Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Edumat: Jurnal Edukasi Matematika, Nomor 1, Volum 1, 49 60.
Suyanti, Retno Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.