ANALISIS RESPON MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN WORKSHEET ELPSA DALAM PEMBELAJARAN RELASI REKURENSI

Andhika Ayu Wulandari
Erika Laras Astutiningtyas
Djatmiko Hidajat


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v3i2.1765

Abstract


Upaya untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran relasi rekurensi, maka pada tahun 2016/2017 dikembangkan suatu media pembelajaran worksheet ELPSA yaitu suatu lembar kerja berbasis ELPSA (experience, language, picture, symbol, application). Uji coba terhadap penggunaan worksheet ELPSA disimpulkan bahwa pembelajaran lebih efektif. Akan tetapi, untuk mendukung hasil penelitian tersebut, perlu dianalisis juga respon mahasiswa terhadap penggunaan worksheet ELPSA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap penggunaan worksheet ELPSA dalam pembelajaran relasi rekurensi. Instrumen yang digunakan berupa angket yang diberikan pada 28 mahasiswa Pendidikan Matematika Univet Bantara Sukoharjo Tahun Akademik 2016/2017. Penilaian kelayakan instrumen dilakukan oleh dua validator. Dari hasil analisis, diperoleh rata-rata skor angket respon mahasiswa 90,76%. Berdasarkan pengkategorian yang telah ditentukan, dapat disimpulkan bahwa respon mahasiswa terhadap worksheet ELPSA sangat positif dan worksheet ELPSA dikatakan efektif.

Keywords


worksheet ELPSA, respon mahasiswa, relasi rekurensi

Full Text:

PDF

References


Jalal, F., Samani, M., Cahang, M.C., Stevenson, R., Ragatz, A.B., & Negara, S.D. 2009. Teacher Certification in Indonesia: A Strategy for Teracher Quality Improvement. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Johar, Rahmah & Hajar, Siti. 2016. “Implementation of ELPSA Framework in Teaching Integral Using Technology. International Journal of Science and Apllied Technology”. Volume 1. Nomor 1. Desember 2016. http://ijsat.unri.ac.id

Johar, R., Nurhalimah, Yusrizal. 2016. “Desain Pembelajaran ELPSA pada Materi Pencerminan”. Edumatika. Vomue 07 Nomor 02. Oktober 2016. ISSN: 2088-2157.

Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi Program Pascasarjana UNESA.

Lowrie. T., Patahuddin, S.M., 2015. “ELPSA as a Lesson Design Framework”. Jurnal Indo-MS JME. Volume 6. Nomor 2. pp 1-15

_______, 2015. “ELPSA-Kerangka Kerja Merancang Pembelajaran Matematika”. Jurnal Didaktik Matematika. Volume 2. Nomor 1. pp 94-108

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Wijaya, Adi. 2014. Pengenalan Desain Pembelajaran ELPSA (experiences, language, pictures, symbols, application). Artikel Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Zahro, U.L., Serevina, V., Astra, I.M. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika dengan Menggunakan Strategi Realting, Experiencing, Applying, Cooperating, Tranferring (REACT) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton”. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Volume 2. Nomor 1, pp 63-68.

Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment in Realistic Mathematics for Indonesian Student Teachers. Thesis. University of Twente, the Netherlands Enschede: PrintPartnersIpskamp.


Article Metrics :

Abstract view : 39 times
PDF View : 32 times