ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN FONGS SCHEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS

Anis Hidayat ms


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i2.1764

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi geometri menggunakan Fongs Schematic Model for Error Analysis. Penelitian ini penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui metode tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakuakan siswa yaitu : salah, tidak lengkap, atau tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan; tidak lengkap dalam menuliskan rumus; salah menuliskan (=) dengan (:); tidak menuliskan kesimpulan; salah, tidak lengkap atau bahkan tidak menuliskan satuan volume; salah mencari volume; salah mengoperasikan perkalian; salah dalam merencanakan apa yang harus dilakukan; salah mengubah satuan meter kedalam centimeter. Faktor penyebab kesalahannya adalah : terburu-buru ingin menyelesaikan soal, kurang teliti, kurang memahami soal, kurang memahami materi, salah dalam menerapkan informasi yang melibatkan memori jangka pendek otak, dan kurang faham perbedaan symbol (=) dengan (:).


Keywords



Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Budiyono. 2008. Kesalahan soal cerita dalam pembelajaran matematika. Jurnal pedagogia, Vol. 11, No. 1, 7-8.

Fong, H. (1993). Schematic Model For Categorizing Children's Errors In Mathematics. International Seminar on Misconceptions and Educational Strategies in Science and Mathematics, Misconceptions Trust. Ithaca, NY.

Hannafin, R. D.; Mary, P. Truxaw; Jennifer, R.V.; dan Yingjie, L. 2008. Effects of Spatial Ability and Instructional Program on Geometry Achievement. Connecticut:University of Connecticut.

Jiang, C. 2011. Errors in Solving Word Problems about Speed: A Case in Singapore and Mainland China. China: University of Macau.

National Academy of Science. 2006. Learning to Think Spatially, Washington DC: The National Academics Press.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu