PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PERWARI TULUNGAGUNG

siska fitri ayuningtias
Nurna Listya Purnamasari


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v3i1.731

Abstract


Guru dalam penyampaian materi masih sering menggunakan slide pada Powerpoint dan buku. Di SMK Perwari Tulungagung pada mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital masih menerapkan media pembelajaran berupa PowerPoint. Dimana para siswa terkadang belum terlalu memahami karena mereka tidak memiliki buku bahan ajar atau modul dan hanya mengandalkan slide Power Point yang diterangkan oleh guru. Dari latar belakang diatas maka diperoleh rumusan masalah yaitu Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran video tutorial terhadap minat dan hasil belajar siswa SMK.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran menggunakan video tutorial terhadap minat dan hasil belajar siswa di SMK pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimental Desain. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuisioner dan tes. Metode angket digunakan untuk memperoleh data  minat belajar siswa (Variabel Y1) dan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa (Variabel Y2) Populasi dan sampelnya adalah kelas XII AK dan XII APK di SMK Perwari Tulungagung yang berjumlah kelas XII AK 20 siswa dan XII APK 21 siswa dengan jumlah total 41 siswa.

Kesimpulan berdasarkan hasil data yang diperoleh H1 dari kelas eksperimen  dengan nilai diketahui bahwa thitung sebesar -0,263 Sig sebesar 0,000 atau <0,05, berarti bahwa H0 ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunan video tutorial (X) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar (Y1). Sedangkan pada pengujian H2 pada kelas eksperimen berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa thitung sebesar 10,660 Sig sebesar 283 atau > 0,05, berarti bahwa H0 diterima Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunan video tutorial (X) tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y2).

Guru dalam penyampaian materi masih sering menggunakan slide pada Powerpoint dan buku. Di SMK Perwari Tulungagung pada mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital masih menerapkan media pembelajaran berupa PowerPoint. Dimana para siswa terkadang belum terlalu memahami karena mereka tidak memiliki buku bahan ajar atau modul dan hanya mengandalkan slide Power Point yang diterangkan oleh guru. Dari latar belakang diatas maka diperoleh rumusan masalah yaitu Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran video tutorial terhadap minat dan hasil belajar siswa SMK.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran menggunakan video tutorial terhadap minat dan hasil belajar siswa di SMK pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimental Desain. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuisioner dan tes. Metode angket digunakan untuk memperoleh data  minat belajar siswa (Variabel Y1) dan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa (Variabel Y2) Populasi dan sampelnya adalah kelas XII AK dan XII APK di SMK Perwari Tulungagung yang berjumlah kelas XII AK 20 siswa dan XII APK 21 siswa dengan jumlah total 41 siswa.

Kesimpulan berdasarkan hasil data yang diperoleh H1 dari kelas eksperimen  dengan nilai diketahui bahwa thitung sebesar -0,263 Sig sebesar 0,000 atau <0,05, berarti bahwa H0 ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunan video tutorial (X) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar (Y1). Sedangkan pada pengujian H2 pada kelas eksperimen berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa thitung sebesar 10,660 Sig sebesar 283 atau > 0,05, berarti bahwa H0 diterima Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunan video tutorial (X) tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y2).


Full Text:

PDF

Article Metrics :