PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NEWUNG 2 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hari, Bayu Sapta. (2019). Mengenal bangun Datar. Bandung: Penerbit Duta.
Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Marsigit. (2008). Pengembangan Kompetensi Guru Matematika Melalui Model-Model Pembelajaran, Lesson Study dan PTK Melalui Peningkatan Perann MGMP. Makalah, Seminar/ Workshop MGMP Matematika Kota Yogyakarta. Yogyakarta: SMA N 2 Yogyakarta.
Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5 (2).
Rukmansyah, dkk. (2006). Kamus Pintar Mat Sains. Bandung: Epsilon Grup.
Solihatin, Etin & Raharjo. (2009). Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Thabroni, Gamal. (2021). Model Pembelajaran STAD: Penjelasan Lengkap Menurut Ahli. Diakses dari https://serupa.id/model-pembelajaran-stad/ pada 10/06/2022 pukul 09.13 WIB.
Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18 (1), 76-84.
Wulandari, Innayah. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4 (1), 17-23.