PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NEWUNG 2 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ima Indarwati


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v6i2.5517

Abstract


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Newung 2 dengan jumlah siswa 25. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal evaluasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri Newung 2. Penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar anak meningkat mulai dari pra siklus besar minat belajar siswa 37,5% ketika siklus I naik menjadi 75% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5%. Peningkatan minat belajar tersebut memberikan dampak postif terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus sebanyak 8 (32%) siswa yang mencapai KKM, pada siklus I sebanyak 15 siswa (60 %) siswa yang mencapai KKM, dan Siklus II sebanyak 20 siswa (80%) siswa yang mencapai KKM. Maka penelitian ini dinyatakan berhasil karena hasil ketuntasan siswa pada siklus II diperoleh 80% yang mana hasil tersebut sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan  yaitu ≥ 80 % dari jumlah siswa.

Keywords


bangun datar; matematika; STAD

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hari, Bayu Sapta. (2019). Mengenal bangun Datar. Bandung: Penerbit Duta.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Marsigit. (2008). Pengembangan Kompetensi Guru Matematika Melalui Model-Model Pembelajaran, Lesson Study dan PTK Melalui Peningkatan Perann MGMP. Makalah, Seminar/ Workshop MGMP Matematika Kota Yogyakarta. Yogyakarta: SMA N 2 Yogyakarta.

Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5 (2).

Rukmansyah, dkk. (2006). Kamus Pintar Mat Sains. Bandung: Epsilon Grup.

Solihatin, Etin & Raharjo. (2009). Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Thabroni, Gamal. (2021). Model Pembelajaran STAD: Penjelasan Lengkap Menurut Ahli. Diakses dari https://serupa.id/model-pembelajaran-stad/ pada 10/06/2022 pukul 09.13 WIB.

Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18 (1), 76-84.

Wulandari, Innayah. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4 (1), 17-23.