PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X SMK SORE TULUNGAGUNG

Yandria Elmasari
Presma Anggara


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v5i2.2223

Abstract


ABSTRAK

Modul elektronik pada saat sekarang ini sangat dibutuhkan dikarenakan menurunya minat belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurang efektifnya guru dalam memberi bahan dan sumber belajar kepada siswanya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menarik penulis untuk mengembangkan suatu model bahan ajar baru untuk mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital(simkomdig) kelas X, yaitu bahan ajar e-modul Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R&D) dengan pendekatan pendekatan model ADDIE. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah berupa modul elektronik(e-modul) dengan menggunakan program Lectora Inspire 18 dan di konversi agar bisa dijalankan di android dengan Website 2 APK Builder, uji kelayakan modul elektronik ini menggunakan uji dari ahli media yang mendapat presentase sebesar 77% dengan kriteria Layak, ahli materi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 85% dengan kriteria Sangat Layak, kemudian untuk uji kelompok kecil mendapat presentase kelayakan 82,4% dengan kriteria Sangat Layak dan untuk uji kelompok besar mendapat presentase kelayakan 83,2% dengan kriteria Sangat Layak.


Keywords


Modul Elektronik, Lectora Inspire 18, Pengembangan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


H. Satriawati, Pengembangan e-modul interaktif sebagai sumber belajar elektronika dasar kelas X SMKN 3, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

F. Irvansah, Pengembangan Bahan Ajar Emodul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Bahasa Idonesia Kelas VIII Semester II di SMPN 04 Tulungagung, Universitas Bhineka PGRI Tulungagung, 2020.

N. Imansari and I. Sunaryantiningsih, Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, VOLT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 1, p. 11, 2017, doi: 10.30870/volt.v2i1.1478.

M. Muslich, pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual, panduan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Bumi Aksara, 2007.

B. Saputro, Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi, vol. 53, no. 9. 2017.

R. Rahmatul laila, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Elastisitas Di MAN 4 Aceh Besar, Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Darussalam, 2020.

P. Sugiyono, Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta, 2011.

M. Busiri, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS 6 pada Mata Diklat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Di SMK Negeri 2 Surabaya, J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., 2015.

N. L. Purnamasari, Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Tik, J. Pendidik. Dan Pembelajaran Anak Sekol. Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 2330, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530.