PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG
Abstract
Pembelajaran berbasis komputer merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan software komputer. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis komputer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI di SMA Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh pembelajaran berbasis komputer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tulungagung. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan rancangan penelitian kolerasional. Variabel X adalah pembelajaran berbasis komputer dan variabel Y adalah minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tulungagung. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa. Sampling penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Uji coba instrument dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan uji realibilitas. Untuk uji prasyarat peneliti menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis penelitian adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa nilai t hitung (2,799) > t tabel (2,03693) dan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis komputer terhadap minat belajar siswa. Hal tersebut dapat di interpretasikan bahwa pembelajaran berbasis komputer akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa, sehingga siswa senang jika pembelajaran dilakukan menggunakan komputer.
Kata Kunci: Minat Belajar, Pembelajaran Berbasis Komputer dan Pendekatan Kuantitatif.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Rusman, 2013. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta ,2012. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Ibrahim, Bafadal. (2003). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Marpanaji, Eko. (2014). Kontribusi Laboratorium Komputer, Internet dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil Belajar Siswa RPL se-Kabupaten Bantul. 4(1), hlm 67-82.
Ali, Muhamad. (2010). Standar Laboratorium Komputer Sekolah. 1(1), hlm.1-6
Kuncahyono. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Jp2sd), 5(2), 773. Https://Doi.Org/10.22219/Jp2sd.Vol5.No2.773-780
Purwanto. (1982). Minat Belajar, 45. Diambil dari https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/minat-belajar.html
Slameto. (1987). Belajar dan Pembelajaran. Diambil dari https://www.materibelajar.id/2016/10/pengertian-belajar-dan-pembelajaran.html
Arikunto, & Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (hal. 231). jakarta: P.T. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta.