PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERRAKTIF 3D PADA MATERI LAPISAN BUMI DENGAN APLIKASI AURORA 3D PRESENTATION

Farid Sukmana
Muhammad Ikko ramdhan Fadil


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v6i2.1240

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu media pembelejaran yang dapat menarik minat belajar siswa adalah media Aurora 3D Presentation. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Aurora 3D Presentation pada materi lapisan bumi yang layak berdasarkan validitas. Jenis penelitian ini menggunakan (R&D)  research and development dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Aplikasi ini dapat membantu guru dalam  menyampaikan materi kepada siswa mengenai mata pelajaran lapisan bumi disekolah. Hal ini didukung karena hasil pengujian  produk pengembangan ini menunjukkan kategori sangat layak. Ahli media menytakan sangat layak diujikan karena memperoleh presentase 98%. Ahli materi menyatakan sangat layak digunakan dipenelitian karena memperoleh presentase 82%. Responden mengkategorikan media dalam kategori sangat  layak yaitu dengan uji skala kecil 83% dan uji lapangan 84%. Hasil validasi dan analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran lapisan bumi berbasis Aurora 3D Presentation telah valid dan bisa digunakan untuk kelas X MA Darul Hikmah Tulungagung.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Hakim, M. L., & Dalle, J. (2015). = 2.185Dan T. Aurora 3D Presentation Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin, 02(2), 103122. Diambil dari https://www.researchgate.net/profile/Dalle_Juhriyansyah/publication/317931920_1177-3087-1-SM/data/5951dabd0f7e9b329234dc85/1177-3087-1-SM.pdf

Supardi, A. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7, 4364. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/97221-ID-penggunaan-multimedia-interaktif-sebagai.pdf

Supardi, A. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7, 4364. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/97221-ID-penggunaan-multimedia-interaktif-sebagai.pdf

Saurina, N. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Kelas IV SDN Banjarsugihan II Menggunakan Blender 3D, 2, 128134. Diambil dari http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JUSTINDO/article/view/1049/844.

Program, M., Pendidikan, S. S.-, Rias, T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Faidah, M., Ag, M. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Aurora 3D Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sub Kompetensi Penataan Hairpiece Di SMKN 6 Surabaya Febrina Puspita Rani Abstrak. jurnal S-1 pendidikan tata rias, 08, 3238. Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/26613/24368.

Saurina, N. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Kelas IV SDN Banjarsugihan II Menggunakan Blender 3D, 2, 128134. Diambil dari http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JUSTINDO/article/view/1049/844.

Desain, D. A. N. (n.d.). Teori dan desain.

Restika, R. R., Ibrahim, M., & Kuswanti, N. (2016). Validitas Media Prezi the Zooming Presentation Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia the. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 213219. Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/download/19402/17719.